SEMUA BERITA

Briket Arang Gulma (Gambut) : Sumber Energi Alternatif Terbarukan

25-07-2014 | 5 Klik

BPTKPDAS (Surakarta, 25/7/2014)_Gulma yang tumbuh liar dan melimpah di lahan gambut  selain secara ekologis berperan dalam tata air ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuat bio-briket arang berkualitas untuk sumber alternatif terbarukan. Hal tersebut merupakan hasil penelitian Pranatasari Dyah Susanti, peneliti Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPTKPDAS) yang dipublikasikan dalam Journal of Degraded and Mining Lands Management Universitas Brawijaya Malang baru-baru ini (Juli 2014).

Baca Selanjutnya »

LIPI Luncurkan Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti Terbaru

24-07-2014 | 116 Klik

FORDA (Cibinong, 23/7/2014).  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meluncurkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 2 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti  (JFP) di Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti LIPI, Cibinong, Rabu (23/7).

Baca Selanjutnya »

Pisah Sambut Kepala BPTHBBK

23-07-2014 | 18 Klik

BPTHHBK (Mataram, 22/7/2014)_Jumat (18/7) Balai Penelitian Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu (BPTHHBK) mengadakan acara Pisah Sambut Kepala BPTHHBK sekaligus buka puasa bersama. Acara yang dilaksanakan di Ruang Rapat BPTHHBK tersebut dalam rangka melepas Kepala BPTHHBK sebelumnya, yaitu Ir. Edy Sutrisno, M.Sc dan menyambut Ir. Harry Budi Santoso, MP sebagai Kepala BPTHHBK baru yang sebelumnya bertugas di Balai Penelitian Teknologi Agroforestri Ciamis.

Baca Selanjutnya »

Aplikasi Database Pemantauan Karbon Hutan: Langkah Litbang Dukung Pembangunan Reference Emission Levels Nasional

18-07-2014 | 103 Klik

Aplikasi Database Pemantauan Karbon HutanPuspijak (Bogor, 17/7/2014)_Badan Litbang Kehutanan melalui Pusat Litbang Perubahan Iklim dan Kebijakan (Puspijak) didukung oleh Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) telah membangun Database Pemantauan Karbon Hutan sebagai langkah mendukung pembangunan Reference Emission Levels (REL) nasional.  

Pembangunan database yang mendukung sistem pemantauan karbon hutan tersebut sesuai dengan prinsip Measurement, Reporting and Verification (MRV). Database yang mengorganisir data monitoring cadangan karbon hutan di berbagai tipe hutan tersebut berbasis internet, dapat diupdate secara berkala dan dapat diakses publik pada http://www.karbon.puspijak.org/.

Database telah mengakomodir 181 permanent sample plots (PSP) yang mengukur 5 carbon pool untuk monitoring karbon hutan di 10 provinsi. Pembangunan PSP dalam kurun waktu 2012-2014 tersebut merupakan kerjasama PUSPIJAK-FCPF World Bank dengan Dinas Kehutanan, Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH).

Aplikasi database karbon ini berfungsi untuk sistem monitoring karbon hutan, dan untuk memvalidasi dan memverifikasi data faktor emisi/faktor removal dari 10 provinsi. Pembangunan database tersebut diharapkan berguna dalam penghitungan emisi suatu daerah.

Terkait itu, peningkatan kemampuan daerah dalam mengoperasikan aplikasi database karbon hutan yang telah dibangun tersebut mutlak diperlukan. Oleh karena itu, pelatihan sebagai sarana peningkatan kemampuan operator atau pengelola di daerah telah dilaksanakan secara berkala. Tahun ini adalah tahun kedua Puspijak bersama FCPF menyelenggarakan pelatihan terkait aplikasi database pemantauan karbon hutan.

Baca Selanjutnya »

Karya Litbang Kehutanan Masuk Dalam 19 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa 2014

18-07-2014 | 53 Klik

Carbon Sphere Nano-Porous untuk Baterai Lithium Mobil Listrik dari Pati/Selulosa karya Prof. Riset Gustan Pari, dkk serta Pengelolaan Koleksi Pengembangan Database Mikroba Hutan Tropica Indonesia (INTROF CC – Indonesian Tropical Forest Culture Collection) Karya Dr. Maman Turjaman menjadi dua dari 19 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa 2014 dari Kementerian Riset dan Teknologi. Kedua penelitian tersebut merupakan hasil dari peneliti-peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan.

Baca Selanjutnya »

Koperasi, Potensi Solusi bagi Permasalahan KHDTK

16-07-2014 | 89 Klik

BPK Pelembang (Palembang, 7/7/2014)_Koperasi ‘Rimba Asri’ Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Palembang merupakan salah satu potensi solusi bagi permasalahan KHDTK Benakat. Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. San Afri Awang, M.Sc, Kepala Badan Litbang Kehutanan (Kabadan) menanggapi berbagai masalah KHDTK Benakat yang dihadapi, salah satunya mengenai perambahan lahan oleh masyarakat sekitar.

Baca Selanjutnya »

Pelatihan Joomla Web Administrator Tingkat Lanjutan, Upaya Meningkatkan Kualitas Diseminasi dan Publikasi

16-07-2014 | 157 Klik

FORDA (Bogor, 17/7/2014)_Setelah menyelenggarakan Pelatihan Joomla Web Administrator, Badan Litbang Kehutanan kembali bekerjasama dengan Center for International Forestry Research (CIFOR) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Joomla Web Administrator Tingkat Lanjutan di Lab. Sistem Informasi Geografi (SIG) Badan Litbang Kehutanan, Bogor selama 3 hari, tanggal 14-16 Juli 2014.

Baca Selanjutnya »

Perubahan Iklim Timbulkan Beban Ganda bagi Perempuan

16-07-2014 | 123 Klik

FORDA (Yogyakarta, 08/07/2014)_Perubahan iklim mempengaruhi produktivitas tanaman pertanian sehingga berdampak menurunkan pendapatan keluarga. Kondisi ini memaksa perempuan berperan ganda untuk membantu keluarga mendapatkan penghasilan tambahan dengan upah yang relatif kecil.

Baca Selanjutnya »

Peraturan Direktur Jenderal Bina Usaha Kehutanan tentang Pedoman Pelaksanaan Penatausahaan Hasil Hutan Kayu dari Hutan Tanaman pada Hutan Produksi

16-07-2014 | 52 Klik

Berikut disampaikan Peraturan Direktur Jenderal Bina Usaha Kehutanan Nomor : P.4/VI- BIKPHH/2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Penatausahaan Hasil Hutan Kayu dari Hutan Tanaman pada Hutan Produksi.

Baca Selanjutnya »

Peraturan Direktur Jenderal Bina Usaha Kehutanan tentang Pedoman Pelaksanaan Penatausahaan Hasil Hutan Kayu dari Hutan Alam

16-07-2014 | 66 Klik
Berikut disampaikan Peraturan Direktur Jenderal Bina Usaha Kehutanan Nomor : P.3/VI-BIKPHH/2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Penatausahaan Hasil Hutan Kayu dari Hutan Alam.
Baca Selanjutnya »