SEMUA BERITA

Taxus sumatrana, Obat Anti Kanker yang Hampir Punah

22-05-2015 | 68 Klik

FORDA (Bogor, 22/05/2015)_Sejak tahun 1990-an, Kelompok tanaman genus Taxus menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti. Diyakini bahwa semua bagian tanaman ini, baik daun, cabang, ranting maupun akarnya merupakan sumber Taxane atau paclitaxel yang dapat diekstraksi sebagai obat yang sangat mujarab untuk kemoterapi berbagai jenis kanker.

Diketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti, karena kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Di dunia, penyakit ini menduduki peringkat kedua sebagai penyumbang kematian. Sedangkan di Indonesia berada pada peringkat ketiga

Baca Selanjutnya »

Mitigasi Tanah Longsor di Banjarnegara

20-05-2015 | 73 Klik

BPTKPDAS (Banjarnegara, 12/05/2015)_Beberapa hasil penelitian dari Tim Peneliti Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPTKPDAS) Solo menyatakan bahwa Kabupaten Banjarnegara merupakan wilayah yang rawan banjir. Kondisi tersebut, juga dibenarkan oleh H. Sutedjo Slamet Utomo, SH, M.Hum, Bupati Kabupaten Banjarnegara.

Baca Selanjutnya »

Pelatihan Pengukuran Karbon dan Keanekaragaman Hayati

19-05-2015 | 84 Klik

BPK Palembang (12/05/2015)_BPK Palembang bekerja sama dengan GIZ-Bioclime menyelenggarakan pelatihan pengukuran cadangan karbon dan keanekaragaman hayati di Sumatera Selatan. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pengukuran karbon dan keanekaragaman hayati hutan terutama tentang prosedur pengukuran cadangan karbon (biomassa dan tanah), pengambilan sampel dan penggunaan alat yang benar, tepat dan konsisten bagi tim survey dan staf teknis lembaga mitra.

Baca Selanjutnya »

Perekat Lignin : Hemat dan Ramah Lingkungan

18-05-2015 | 98 Klik

FORDA (Bogor,18/05/2015)_Perekat merupakan salah satu bahan utama dalam industri pengolahan kayu yang menyerap 20–60% biaya. Sampai saat ini, sebagian besar perekat yang diproduksi di Indonesia adalah perekat sintetis yang terdiri dari Urea formaldehida (80%), Fenol formaldehida (10%) dan Melamin formaldehida (10%). Hal tersebut disampaikan oleh Prof.Riset.Drs. Adi Santosa, M.Si, peneliti Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan

Baca Selanjutnya »

BPK Palembang Perkenalkan Teknologi Penginderaan Jauh Airborne LiDAR

15-05-2015 | 115 Klik

BPK Palembang (06/05/2015)_Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada sektor kehutanan, BPK Palembang bekerjasama dengan Biodiversity and Climate Change Project - Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH (BIOCLIME-GIZ) mengadakan “Workshop on the Land Use Land Cover (LUCL) Analisys to Support Base Line Data of The Biodiversity and Climate Change in South Sumatra Province” di Ruang Rapat Tembesu, Palembang (Rabu, 06/05/2015). 

Baca Selanjutnya »

Kemen- LHK Berkomitmen Hentikan Pembiaran Pelanggaran Hukum Lingkungan dan Kehutanan

08-05-2015 | 43 Klik

Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Siti Nurbaya mendukung penuh upaya Pemprov Jawa Barat menindak tegas para pengembang hunian yang diduga melanggar aturan hukum lingkungan dan kehutanan, hal ini disampaikan saat menyaksikan langsung upaya penertiban di lapangan atas bangunan yang melanggar, bersama Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar serta Anang Sudarna Ketua Satgas Penertiban Hukum Lingkungan Terpadu Jabar, Kamis (7/5), di daerah Cieumbeuleuit, Kawasan Bandung Utara (KBU).

Baca Selanjutnya »

Menteri LHK Tanda-Tangani Kesepakatan Bersama GN-KPA

11-05-2015 | 58 Klik

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya
bersama 7 (tujuh) kementerian menandatangani kesepakatan bersama Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA), Sabtu (9/5) di Taman Kota Waduk Pluit, Jakarta Utara. 

Baca Selanjutnya »

Meruwat Negeri, Menjaga dan Memanfaatkan Lingkungan dengan Arif

13-05-2015 | 40 Klik

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama GK Center (Galang Kemajuan Center) menyelenggarakan jumpa pers menjelang diadakannya event Spirit Kebangkitan Nasional 2015 bertajuk “Kearifan Lokal: Budaya Menjaga Lingkungan”, Selasa (12/5) di lobby blok I Gedung Manggala Wanabakti Jakarta.

Baca Selanjutnya »

Pentingnya Bekerjasama Untuk Mencapai Tujuan

12-05-2015 | 101 Klik

BPK Manado (Manado, 08/05/2015) Balai Penelitian Kehutanan Manado sebagai Kampus Kreatif Sahabat Rakyat melakukan kegiatan pembinaan kepada seluruh pegawainya di Manado Tateli Beach Resort 07-08 Mei 2015. Sebagai pembicara/narasumber hadir Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (Sekbadan), Ir.Tri Joko Mulyono, MM dan Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan LIPI.

Baca Selanjutnya »

Kerusakan hutan Sumatera percepat kepunahan Rafflesia

08-05-2015 | 81 Klik

Puskonser (Bengkulu, 05/05/2015)_Kerusakan hutan di Pulau Sumatera akan mempercepat kepunahan sejumlah flora langka, termasuk jenis Rafflesia dan Amorphopalus, kata Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir.Adi Susmianto, M.Sc

Baca Selanjutnya »