NEWS

DITJEN PPI Menerbitkan Buku SIDIK dan Buku Perubahan Iklim, Perjanjian Paris dan Nationally Determined Contribution

👤Tuti 🕔 12:00 am, 22. August 2016 - 7 klik

Ditjen PPI (Jakarta, 22/08/2016)_Dalam Upaya mendukung pengurangan resiko dan dampak perubahan iklim, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim telah menerbitkan dua buah buku yaitu Buku SIDIK : Sistem Informasi Data Indeks Kerentanan dan Buku Perubahan Iklim, Perjanjian Iklim, Perjanjian Paris dan Nationally Determinde Contribution.

 

Read Full Article

Penerbitan Pedoman Identifikasi Dan Inventarisasi, Dan Buku Tanya Jawab Seputar Pemulihan Lahan Terkontaminasi

👤Tuti 🕔 12:00 am, 19. August 2016 - 6 klik

Ditjen PSLB3 (Jakarta, 19/08/2016)_Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, khususnya Direktorat Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 (Direktorat PKTDLB3) telah berhasil menyusun Pedoman Identifikasi dan Inventarisasi Lahan Terkontaminasi Limbah B3 dan Buku Tanya Jawab Seputar Pemulihan Lahan Terkontaminasi Limbah B3. Kedua buah buku tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu panduan bagi pihak-pihak yang ingin memberikan laporan adanya lahan terkontaminasi Limbah B3 dan informasi mengenai landasan hukum pemulihan dan  pelaksanaan pemulihan lahan terkontaminasi Limbah B3.

Selain itu, kedua buah buku tersebut diharapkan dapat menambah pemahaman pelaku usaha, Pembina atau pengawas dari instansi pemerintah dan pihak-pihak lainnya dalam menjalankan fungsi, tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pemulihan lahan terkontaminasi Limbah B3 sesuai ketentuan dalam peraturan. Selanjutnya, hasil identifikasi dan inventarisasi lahan terkontaminasi akan dapat digunakan dalam merencanakan pemulihan lahan terkontaminasi Limbah B3 secara lebih efektif dan efisien.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun dan Berbahaya, Ir. Tuti Hendrawati Mintarsih, MPPPM menyampaikan bahwa pelaporan terkait adanya lahan-lahan terkontaminasi Limbah B3 secara komprehensif akan sangat membantu proses perencanaan dan pelaksanaan pemulihannya. Oleh karena itu, dukungan dan bantuan para pihak terkait dalam melakukan proses identifikasi dan inventarisasi lahan terkontaminasi Limbah B3 dengan mengacu pada tahapan dan proses dalam pedoman ini, sangat kami hargai. 

“Semoga Pedoman Identifikasi dan Inventarisasi, dan Buku Tanya Jawab Seputar Pemulihan Lahan Terkontaminasi Limbah B3 ini dapat dimanfaatkan oleh instansi pemerintah baik di Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, penanggung jawab usaha/kegiatan, masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya. Dengan adanya pedoman ini diharapkan dapat memberikan petunjuk dalam mengidentifikasi dan menginventarisasi lahan terkontaminasi Limbah B3,"kata Tuti. ****Ditjen KSDAE

 

Sumber Artikel:

http://pslb3.menlhk.go.id/?p=905

Read Full Article

Parade Konservasi Alam Dalam Rangka Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2016

👤Tuti 🕔 12:00 am, 14. August 2016 - 9 klik

Jakarta, 14 Agustus 2016 – Jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama dengan Kementerian/ Lembaga terkait serta mitra penggiat konservasi melakukan parade konservasi alam sekaligus jalan santai di sepanjang jalan Bundaran HI hingga Monumen Nasional pagi hari ini, 14 Agustus 2016. Acara ini diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2016 yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus.

 

Read Full Article

Kabadan Launching E-JPHH Sekaligus Install Perdana Aplikasi Androidnya

👤Rizda 🕔 01:27 pm, 30. August 2016 - 80 klik

P3HH (Bogor, 29/8/2016)_Setelah dipersiapkan sejak 2014, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) akhirnya menerbitkan jurnal secara elektronik, yaitu E-Jurnal Jurnal Penelitian Hasil Hutan (E-JPHH). Bertempat di Ruang Cendana, Gunung Batu, Bogor, Senin (29/8) Kepala Badan Litbang dan Informasi (BLI) me-launching E-Jurnal tersebut sekaligus menginstal perdana aplikasinya yang berbasis android.

Read Full Article

Lemak Tengkawang, Substitusi Lemak Coklat pada Obat Penurun Panas

👤Tuti 🕔 10:05 am, 30. August 2016 - 82 klik

B2P2EHD (Samarinda, 30/8/2016)_“Salah satu bentuk pengembangan lemak tengkawang dalam industri farmasi adalah sebagai subsitusi lemak coklat yang terdapat pada obat padat/solid penurun panas secara anal (suppositoria),”kata Dr. Rizki Maharani, Peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) Samarinda, Jumat, (26/8).

Read Full Article

Gerunggang, Jenis Potensial untuk Restorasi Lahan Gambut

👤priyo 🕔 07:53 am, 30. August 2016 - 148 klik

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 30/08/2016)_Anda tahu pohon Gerunggang? Bagi yang belum tahu pohon Gerunggang (Cratoxylum arborescens (Vahl.) Blume.) merupakan salah satu jenis asli rawa gambut yang memiliki potensi sebagai tanaman rehabilitasi. Sebagai jenis asli, daya adaptasi gerunggang akan lebih baik dibandingkan jenis introduksi.

Read Full Article

99% Kasus Karhutla di Riau Akibat Praktek Slash and Burn

👤Tuti 🕔 03:50 pm, 29. August 2016 - 95 klik

BP2TSTH (Pekanbaru, 29/08/2016)_ Dr. Ir. Tachrir Fathoni, M.Sc., Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) menyatakan bahwa 99% kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Prop. Riau akibat adanya pembukaan lahan dengan cara bakar atau praktek Slash and Burn. Hal ini disampaikan pada acara Forum Group Discussion (FGD) Mitigasi Praktek Slash and Burn di Kantor Balai Besar KSDAE Pekanbaru-Riau, Rabu (24/08).

Read Full Article

Lewat Karnaval Samboja, Balitek KSDA Unjuk Diri dan Kampanyekan Penyelamatan Hutan

👤Rizda 🕔 12:00 am, 29. August 2016 - 125 klik

Balitek KSDA (Samboja, 15/8/2016)_Untuk mengkampayekan pentingnya penyelamatan hutan sekaligus memperkenalkan keberadaannya kepada masyarakat sekitar, Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) Samboja ikut serta dalam karnaval yang diadakan Pemerintah Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Senin (15/8).

 

Read Full Article

Kegiatan Kerjasama ICRAF-BLI, Mengisi Celah Kegiatan Riset

👤Tuti 🕔 10:49 am, 29. August 2016 - 196 klik

FORDA (Jakarta, 29/08/2016)_Dr. Henry Bastaman, M.ES., Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI), KLHK (Kabadan) berharap bahwa kerjasama antara International Centre for Reserach in Agroforestry (ICRAF) dengan BLI bisa mengisi kesenjangan/celah (Filling the gap) dalam kegiatan riset. Hal ini disampaikan pada saat memberikan sambutan dan pembukaan pada acara “Sosialisasi Hasil ICRAF dengan KLHK” di Ruang Rimbawan II, GMW-Jakarta, Jum’at (26/08).

Read Full Article

BP2LHK Kupang Selenggarakan Bimbingan Teknis Penerbitan E-journal Faloak

👤priyo 🕔 12:00 am, 27. August 2016 - 170 klik

BP2LHK Kupang (Kupang, 25/08/2016)_Untuk mempercepat proses penerbitan Jurnal Penelitian Kehutanan Faloak, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang (BP2LHK Kupang) mengadakan  Bimbingan Teknis Penerbitan E-journal yang diikuti oleh 25 orang peserta yang yang  berasal dari Balitek HHBK Mataram, BP2LHK Manokwari dan BP2LHK Kupang di Aula BP2LHK Kupang, selama 3 hari, 22-24 Agustus 2016.

Read Full Article