NEWS

Tingkatkan Produktivitas Lahan Gambut, BP2LHK Banjarbaru Kembangkan Model Agrosilvofishery Bersama Masyarakat

👤Rizda 🕔 05:40 pm, 29. July 2016 - 13 klik

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 28/7/2016)_Untuk meningkatkan produktivitas lahan gambut, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru telah mengembangkan beberapa model agroforestri bersama masyarakat di beberapa tipologi lahan gambut, salah satunya model agrosilvofishery.

Read Full Article

Wapres Jusuf Kalla Tanam Mangrove

👤Tuti 🕔 12:00 am, 27. July 2016 - 9 klik

Makassar, Biro Humas Kementerian LHK, Selasa, 26 Juli 2016. Wakil Presiden Jusuf Kalla menanam mangrove di SMK  Perikanan Maccini Baji, Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Read Full Article

Tidak Sesuai Prosedur, Perjanjian Kerjasama TNZ dengan APRIL GROUP Dibatalkan

👤Tuti 🕔 03:43 pm, 29. July 2016 - 7 klik

JAKARTA, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, membatalkan kerjasama KLHK dengan perusahaan PT. Gemilang Cipta Nusantara (bagian dari APRIL Group) setelah menemukan berbagai indikasi penyimpangan.

Read Full Article

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016

👤Tuti 🕔 12:00 am, 23. July 2016 - 9 klik

Siak, Biro Humas KLHK, Jumat, 22 Juli 2016. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memberikan penghargaan Kalpataru, Nirwasita Tantra, Adipura Paripurna, Buwana dan Kirana serta Adiwiyata Mandiri sebagai wujud apresiasi kepada para pejuang lingkungan, pimpinan daerah yang berhasil dalam pengelolaan lingkungan di daerah, serta sekolah/guru peduli lingkungan. Pemberian penghargaan ini dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Istana Siak Sri Indrapura Provinsi Riau.

Read Full Article

Menteri LHK Menyusuri dan Memantau Kualitas Air Sungai Siak

👤Tuti 🕔 12:00 am, 22. July 2016 - 7 klik

Biro Humas Kementerian LHK, Kamis, 21 Juli 2016. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menyusuri Sungai Siak untuk mengetahui kualitas air sungai dan potensi terjadinya pencemaran dari berbagai sumber di sekitar sungai. Hal ini perlu dilakukan mengingat sepanjang sungai terdapat lahan gambut dan  Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batubara yang dilengkapi stock pile-nya, industri pulp and paper, perkebunan sawit, kayu lapis, log yard, depo minyak, serta kegiatan domestik termasuk pasar.

Read Full Article

Moratorium Dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit

👤Tuti 🕔 12:00 am, 19. July 2016 - 6 klik

Biro Humas Kementerian LHK, Jakarta : Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL), Prof. San Afri Awang dalam konferensi pers yang digelar, Senin (!8/7) di Ruang Sonokeling, Kementerian LHK, Jakarta menyatakan bahwa, “Potensi luas lahan minimal yang dapat dijadikan obyek moratorium sawit adalah seluas ± 948.418,79 ha. Jika moratorium ditetapkan selama 5 tahun, maka luas ini sama dengan mencegah emisi gas rumah kaca sebesar 0,26 Gt eCO2 (0,05 Gt eCO2/Tahun) atau hampir mencapai 20% dari baseline emisi deforestasi tahunan sebesar 0,293 GtCO2/Tahun (Indonesian FREL Document)”

Read Full Article

Skema Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat untuk Masyarakat di Dalam dan Sekitar Hutan

👤Tuti 🕔 12:00 am, 17. July 2016 - 7 klik
Biro Humas Kementerian LHK, Lampung : Guna melihat keberhasilan pengelolaan hutan oleh masyarakat, dan mendengarkan secara langsung kendala yang dihadapi serta untuk mencarikan solusi konkrit, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya berkunjung ke 2 (dua) kelompok tani hutan (KTH), Sabtu (16/7) di Provinsi Lampung.
Read Full Article

Kickoff Meeting Pembentukan Dewan Persampahan Tingkat Nasional

👤Tuti 🕔 12:00 am, 16. July 2016 - 3 klik
Biro Humas Kementerian LHK, Jakarta : Permasalahan sampah nasional saat ini mendapatkan perhatian sangat serius. Bahkan Presiden Jokowi telah menginstruksikan segera dibentuk sistem pengelolaan sampah nasional agar masalah persampahan nasional dapat diselesaikan. Menteri LHK sebagai salah satu yang berwenang telah meluncurkan berbagai langkah percepatan pengelolaan sampah nasional, salah satunya dengan membentuk Dewan Pengarah dan Pertimbangan Persampahan Tingkat Nasional melalui SK.536/Menlhk/Setjen/PLB.0/7/2016. Dengan dewan ini Menteri LHK berharap agar dapat diberikan pertimbangan, meningkatkan komunikasi, menyiapkan instrumen monitoring, melakukan advokasi, mendukung kampanye dan membantu evaluasi program pengelolaan sampah di Indonesia. 
Read Full Article

Hutan Kemasyarakatan untuk Ekonomi Mandiri

👤Tuti 🕔 12:00 am, 15. July 2016 - 2 klik
Biro Humas Kementerian LHK, Yogyakarta :  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (14/7). Wilayah Hutan Kemasyarakatan (HKm) Kalibiru, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo menjadi destinasi pertama kunjungan Menteri LHK kali ini. Dengan didampingi oleh Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) San Afri Awang, Dirjen Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (PDASHL) Hilman Nugroho dan Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Hadi Daryanto, Menteri LHK Siti Nurbaya melakukan diskusi bersama kelompok masyarakat penggerak HKm di Kabupaten Kulon Progo. Turut hadir Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo beserta jajarannya serta perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian LHK di wilayah Yogyakarta.
Read Full Article

Mengedukasi Pemudik Agar Mudik Ramah Lingkungan

👤Tuti 🕔 12:00 am, 02. July 2016 - 4 klik

Biro Humas Kementerian LHK. Jakarta :  Permasalahan lingkungan hidup menyentuh kehidupan sehari hari masyarakat. Oleh karenanya dibutuhkan partisipasi aktif masyarakat untuk ikut serta dalam menjaganya. Menjelang waktu lebaran sangat identik dengan saat-saat waktu mudik/pulang kampung bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama PT Sido Muncul,Tbk. memanfaatkan momen mudik ini sebagai media kampanye dan edukasi pentingnya menjaga lingkungan kepada para pemudik.

Read Full Article