Dientry oleh sahri - 29 December, 2017 - 1772 klik
BP2LHK Manado – Balitek KSDA Samboja, Sharing Pengalaman Pengelolaan Konservasi

BP2LHK MANADO (Manado, 28/12/2017) ”Melihat, membandingkan serta sharing pengalaman tentang konservasi satwa adalah tujuan kami berkunjung ke ABC BP2LHK Manado”. Demikian disampaikan Kepala Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut, M.Si ketika mengunjungi kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado serta Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado, 27/12.

Didampingi oleh Pejabat Struktural BP2LHK Manado  dan Tim ABC Manado, Gadang menyampaikan pentingnya kerjasama dalam pengelolaan ABC. “Pengalaman kami dalam pengelolaan konservasi orangutan di Balitek KSDA, donor konservasi sekarang memang berkurang akan tetapi era sekarang adalah era konservasi sehingga hal ini jangan membuat surut semangat teman-teman di ABC dalam pengembangan Anoa, karena banyak cara untuk menanggulangi pendanaan, salah satunya adalah kerjasama dengan berbagai pihak,” kata Gadang.

Gadang menambahkan, penelitian Anoa saat ini masih belum banyak, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk Tim ABC menjaring mitra kerjasama. “Penelitian tentang Anoa sendiri masih sedikit dan itu bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi teman-teman menjalin mitra kerjasama dalam penyelamatan Anoa,” tambah Gadang.

Rangkaian kunjungan Kepala Balitek KSDA diawali dengan paparan singkat tentang ABC BP2LHK Manado oleh Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama, Rinto Hidayat, S.Hut. Dalam paparan singkatnya, Rinto memaparkan tentang sejarah singkat awal adanya ABC, Profil Anoa di ABC, Roadmap ABC serta berbagai kegiatan dan keberhasilan dari ABC.

Dilanjutkan dengan presentasi Profil Balitek KSDA oleh Kepala Balitek KSDA, Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut, M.Si., Gadang menyebutkan bahwa di Balitek KSDA mempunyai 3 pilar utama, yaitu herbarium, KHDTK, dan Pusat Penelitian Orangutan.

Diakhir kunjungan Kepala Balitek KSDA berkesempatan memantau perkembangan Anoa di ABC Manado, yang pada tanggal 8 Nopember kemarin telah melahirkan 1 ekor anak Anoa bertina dan sekarang telah berjumlah 9 ekor.***(MF).

 

Dokumentasi  : Muhammad Farid

Artikel terkait :

Kunjungan Kerja Ke Sulawesi Utara : Komisi IV DPR RI Kagumi Persemaian Permanen Kerjasama BP2LHK Manado dan BPDASHL Tondano

Kunjungan Kapuslitbang Hutan ke BP2LHK Manado: “7T” untuk mencapai keberhasilan seorang peneliti

Bertambahnya Populasi Anoa, Membuat Keanekaragaman Hayati di Indonesia Terus Bertambah

Gelar IPTEK Hasil Litbang: Interaksi Langsung antara Peneliti dan Pengguna

Studi Banding Tentang Kehutanan Sulawesi Utara, DPRD Kab. Majalengka Kunjungi BP2LHK Manado

Cinta Konservasi, Kaka Slank Kunjungi Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

Peneliti harus bisa menjadi Enterpreneur agar bisa memberikan sumbangsih yang lebih kepada masyarakat

Apresiasi Kepala Badan Litbang dan Inovasi untuk Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

bp2lhkmanado

                             

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

 

 

Penulis : Muhammad Farid