04 Januari 2016 - 1733 klik
Swara Samboja Vol. IV No. 1 Th 2015

Swara Samboja Vol IV No. 1 Tahun 2015kali ini mengambik tema utama "Genus Durio : Jenis Pemanfaatan dan Upaya Konservasi". Dimana buah ini merupakan buah musiman yang muncul pada bulan Nopember - Februari. Buah ini mempunyai cita rasa yang tinggi dengan aroma yang khas. Selain itu, buah ini dikenal dengan raja buah-buahan (king of fruits). Pada edisi ini Bina Swasta Sitepu, S.Hut (Peneliti Balitek KSDA) mengupas tuntas tentang buah ini baik dalam hal sejarak taksonomi, keragaman, pemanfaatan, status konservasi serta upaya pelestarian.

Anda tertarik dengan badak serta hutan Kalimantan. Maka sebaiknya Anda membaca artikel yang berjudul "How do rhinos still exist in tropical rain-forest of Kalimantan?" dan "Gonocephalus borneensis, iguana dari Kalimantan". Disini Dimana Dr. Chandradewana Boer, Albert L. Manurung, Yuyun Kurniawan dan Arief Data Kusuma saling berbagi hasil penelitian tentang bagaimana cara Badak (Rhinos) bisa bertahan di hutan hujan tropis Kalimantan. Sedangkan naga hutan dikupas tuntas oleh Teguh Muslim S.Hut

Dalam edisi ini juga menyajikan wahana konservasi sebagai usaha untuk menyelamatkan sumber daya alam hayati. Selain itu juga dibahan beberapa masalah kehutanan, seperti illegal logging serta penyelesaian masalah tersebut dengan melibatkan peran masyarakat.

Tidak lengkap kalau edisi ini tidak menampilkan profil inspiratif. Dimana dalam edisi ini menampilkan IB Putera Parthama. Sosok yang mengabdikan dirinya untuk kehutanan ini berbagi pengalamannya selama berkarier peneliti, berbagai jabatan struktural, staf ahli menteri bidang ekonomi dan perdagangan internasional dan sekarang menjabat Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari.

Akhir kata, selamat membaca dan salam hangat

http://www.forda-mof.org/ atau http://litbang.menlhk.go.id/

Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi

Forestry Research, Development and Innovation Agency (FORDA)

Penulis : Balitek KSDA Samboja

Download : ss_iv_2015d.pdf