11 Februari 2016 - 2687 klik
Tanaman Penutup Tanah (Cover Crop) untuk Reklamasi Tambang Batubara

Buku “Tanaman Penutup Tanah (Cover Crop) untuk Reklamasi Tambang Batubara” ini merupakan lanjutan dari buku seri I dan seri II konsep “Bersinergi dengan Alam”. Jika buku I lebih fokus pada jenis-jenis tumbuhan dari proses regenerasi alam di lahan pasca tambang batubara dan buku II menjelaskan peran burung dan kelelewar sebagai agen pemencar biji aktif di lahan pasca tambang, maka pada buku III ini kami memfokuskan pada prinsip, metode dan strategi pemilihan jenis tanaman penutup tanah (cover crop) yang tepat untuk mendukung keberhasilan kegiatan rehabilitasi di lahan pasca tambang.

Dalam konteks operasional di lapangan terkait penerapan konsep bersinergi dengan alam, pemilihan jenis tanaman penutup tanah (cover crop) yang tepat sebagai pengendali erosi dan sedimentasi sangat penting sebagai salah satu penentu keberhasilan kegiatan rehabilitasi pasca tambang. Untuk itu, pemahaman tentang prinsip, metode dan strategi pengenalan dan pemilihan jenis tanaman penutup tanah yang tepat sangat penting untuk diketahui para praktisi lapangan.

Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) di PT. Singlurus Pratama dan PT. Lembuswana Prakasa. Beberapa makalah ilmiah terkait dengan pengembangan konsep bersinergi dengan alam telah disusun dan juga dipublikasikan; namun, penyajian hasil penelitian dalam bahasa ilmiah tentu tidak bisa langsung digunakan.  Hadirnya buku ini dengan bahasa yang lebih populer dan dilengkapi deskripsi dan gambar tumbuhan diharapkan dapat bermanfaat bagi para praktisi lapangan.

 

Download File:

Sambutan dan Kata Pengantar

Bab I. Pendahuluan

Bab II. Jenis Tanaman Penutup Tanah di Lahan Pasca Tambang Batubara

Bab III. Prinsip Pemilihan Jenis dan Metode Tanam

Bab IV. Deskripsi Jenis Tanaman Penutup Tanah

Bab V. Penutup

 

 

Penulis : Ishak Yassir, Bina Swasta Sitepu dan Mira Kumalaningsih

Download :