17 Februari 2016 - 2300 klik
Bunga Rampai Teknologi Perbenihan dan Pembibitan Jabon Putih (Neolamarckia cadamba (Roxb.) Bosser)

Saat ini, masyarakat Indonesia mulai gemar untuk menanam pohon, terutama kayu sejalan dengan meningkatknya harga kayu dan makin berkurangnya pohon di hutan. Salah satu jenis pohon yang ditanam atau dikembangkan oleh masyarakat adalah Jabon Putih (Neolamarckia cadamba, sinonim Anthocephalus cadamba). Tanaman ini menghasilkan kayu yang digunakan untuk berbagai produk, seperti  seperti konstruksi ringan, lantai, pulp dan kertas, langit-langit, kotak, peti, mainan, ukiran, korek api, sumpit, dan pensil.Sekarang ini, beberapa perusahaan di Pulau Jawa telah menggunakan kayu dari jenis ini untuk produksi kayu lapis. Bahkan beberapa studi pun menyatakan bahwa jabon dapat digunakan juga sebagai bahan obat-obatan.

Dengan alasan di atas serta untuk mendapatkan benih ini harus dari sumber benih bersertifikat sesuai dengan Keputusan Menteri Kehutanan No. SK.707/Menhut-II/2013 tentang Penetapan Jenis Tanaman Hutan yang Benihnya Wajib Diambil dari Sumber Benih Bersertifikat, maka mendorong untuk penyusunan buku ini.

Bunga Rampai Teknologi Perbenihan dan Pembibitan Jabon Putih (Neolamarckia cadamba (Roxb.) Bosser) berisikan tentang informasi tekait teknologi penanganan benih dan bibit, yang terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari sumber benih, produksi benih, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, perkecambahan, penyapihan, pemeliharaan bibit hingga bibit siap tanam sangat diperlukan dalam kegiatan pengadaan bibit. 

Adanya informasi terkait dengan teknologi perbenihan dan pembibitan ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi berbagai stakeholders yang berminat mengembangkan jabon putih. Penerapan teknologi pembenihan dan pembibitan yang memadai tentunya akan meningkatkan keberhasilan pengadaan bibit yang akan berdampak pada meningkatnya keberhasilan rehabilitasi lahan dan pembangunan hutan, serta memperbaiki produktivitas dan kualitas lingkungan.

Penulis : Nina Mindawati, Irdika Mansur, Pujo Setio

Download : rampai_jabon_putih.pdf