19 Februari 2016 - 2038 klik
Trees of The City

Kondisi ruang terbuka hijau di perkotaan semakin berkurang sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat. Keadaan ini akan menimbulkan penurunan kualitas lingkungan di perkotaan, sehingga dalam jangka panjang akan menurunkan pula kualitas sumber daya manusia. Untuk mengatasi permasalahan ini diperlukan beberapa pendekatan yaitu antara lain membuat suatu perencanaan tata ruang perkotaan yang mengalokasikan luasan untuk dijadikan ruang terbuka hijau. Salah satu bentuk ruang terbuka hijau adalah hutan kota.

Untuk itu diperlukan inventarisasi jenis-jenis tanaman yang bisa digunakan di hutan kota. Terkait hal tersebut, beberapa peneliti telah menginventarisasi berbagai jenis tanaman hutan kota khususnya di daerah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Hasilnya dipublikasikan dalam buku "Trees of The City". 

Selain berisikan informasi berbagai jenis tanaman hutan kota, buku "Trees of The City"  juga berisikan informasi kesesuaian lahan untuk tumbuh, keterangan botani dan kegunaanya.  Dengan tujuan dapat menjadi masukan dalam pemilihan jenis tanaman bagi daerah-daerah yang ingin membangun suatu hutan kota.

Buku “Trees of The City” memperoleh respon yang positif dari berbagai kalangan di antaranya instansi pemerintah, swasta, maupun masyarakat umum. Berkaitan dengan hal tersebut mengakibatkan banyaknya permintaan terhadap buku “Trees of The City” ini. BPTPTH secara bertahap melakukan pencetakan ulang buku “Trees of The City”, yang di dalam buku cetakan ketiga tersebut telah dilakukan penyempurnaan antara lain nama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menambah penyunting buku, dan perbaikan redaksional lainnya.

Akhir kata, selamat membaca dan semoga bermanfaat

Penulis : Yulianti Bramasto, Nurhasybi, Danu, Dida Syamsuwida, M. Zanzibar, Endang Pujiastuti dan Safrudin Mokodompit

Download : hutan_kota.pdf