21 Juni 2016 - 2723 klik
Seri Paket Iptek Teknik Pemanenan Getah dengan Menggunakan Stimulan Organik Cuka Kayu

Buku Seri Iptek ini berisikan informasi tentang Teknik Pemanenan Getah dengan menggunakan Stimulan Organik Cuka Kayu. Diketahui bahwa permintaan produksi getah pinus yang semakin meningkat mendorong dilakukannya peningkatan produksi getah. Di sisi lain, ketimpangan antara produksi getah dan potensi tegakan yang ada dari tahun ke tahun mengkhawatirkan kelangsungan pengelolaan hutan jelutung maupun kemenyan.

Teknik pemanenan getah dan resin melalui implementasi stimulan organik berbahan dasar cuka kayu dilakukan dengan tujuan tidak hanya untuk meningkatkan produksinya, tetapi juga untuk menjamin kelestarian hasil dan pohon penghasilnya serta lingkungan di sekitarnya.

Penggunaan stimulan organik cuka kayu memberi keuntungan karena murah dan mudah diperoleh dapat diproduksi sendiri dari sisa-sisa/ limbah pohon, lebih aman digunakan baik terhadap pohon maupun pekerja. Namun demikian, inovasi penggunaan stimulan organik ramah lingkungan harus terus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas mengingat produktivitasnya lebih rendah dibandingkan dengan stimulan anorganik berbahan dasar asam kuat.

 

Informasi Lebih Lanjut:

Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH)

url : http://pustekolah.litbang.dephut.go.id atau http://www.pustekolah.org

Jl. Gunung Batu No. 5, Po. Box. 182, Bogor 16610, Telp. 0251 - 8633378 Fax.0251 - 8633413

Penulis : Sukadaryati, Dulsalam dan Yuniawati

Download : Teknik_Pemanenan_Getah_dg_Stimulan_Organik_Cuka_Ka