02 Desember 2016 - 1588 klik
Prosiding Seminar Hasil Penelitian

Prosiding Seminar Hasil Penelitian "Peluang dan Tantangan Pembangunan LHK di Riau" berisikan ulasan secara ringkas tentang kegiatan serta hasil-hasil penelitian terkait dengan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di Riau. Disadari bahwa permasalahan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di Riau bukan hanya merupakan isu regional melainkan menjadi isu nasional bahkan internasional. Eksploitasi yang berlebihan terhadap sumber daya alamnya, tanpa mempertimbangkan daya dukung dan daya tampung membawa dampak yang signifikan terhadap perubahan lingkungan dan ekosistem.

Kompleksitas permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di Riau menjadi latar belakang terselenggaranya Seminar Hasil Penelitian dengan tema “Peluang dan Tantangan Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Riau” ini.


Pengelolaan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan merupakan permasalahan yang bersifat multi dimensi dan multi sektor, sehingga diperlukan pendekatan yang multi approach dan terintegrasi. Seminar ini bertujuan untuk membentuk suatu sinergi dengan multi pihak untuk mengenali tantangan-tantangan yang dapat menghambat dan menggali potensi atau peluang yang ada di Propinsi Riau, sehingga dapat membantu mewujudkan terciptanya pembangunan lingkungan hidup dan hutan lestari, sekaligus bertujuan sebagai upaya promosi penyebarluasan hasil-hasil penelitian Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH).

Diharapkan, dengan berbagai diskusi dari Seminar ini, dapat memberikan informasi dan alternatif solusi yang optimal yang berarti bagi perumusan strategi pengelolaan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan yang berkelanjutan.

Penulis : BP2TSTH Kuok

Download : Buku_Prosiding_kecil1.pdf