19 Juli 2013 - 4029 klik
Budidaya Shorea Balangeran di Lahan Gambut

Balangeran (Shorea balangeran (Korth.) Burck.) adalah salah satu jenis komersil yang dapat dikembangkan dalam usaha budidaya tanaman penghasil kayu pertukangan di lahan rawa gambut. Balangeran merupakan jenis asli rawa gambut yang mempunyai pertumbuhan relatif lebih cepat dibanding jenis-jenis tumbuhan rawa gambut lainnya yang pada umumnya lambat. Penguasaan teknologi budidaya untuk jenis ini telah cukup memadai, sementara itu, ketersediaan lahan rawa gambut di  Indonesia yang cukup besar menyebabkan peluang pengembangan usaha budidaya jenis ini menjadi cukup menjanjikan.

Buku ini menyediakan paket IPTEK tentang berbagai hal mengenai balangeran, mulai dari informasi pengetahuan tentang botanis dan sifat dasar balangeran hingga, teknologi tentang pembibitan, persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan tanaman dan informasi hama penyakit dan strategi pemuliaan balangeran.

Akhir kata, penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu dalam penulisan dan pembuatan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat dan menjadi sumber pengetahuan serta inspirasi bagi yang memerlukannya sehingga hutan rawa gambut tetap lestari dan meningkat produktifitasnya.

Penulis : Suryanto, Tjuk Sasmito Hadi & Endang Savitri

Download : Buku_BUDIDAYA_Shorea_balangeran_DI_LAHAN_GAMBUT-co