20 Februari 2015 - 3487 klik
Status Taksonomi dan Populasi Jenis-Jenis Aquilaria dan Gyrinops

Buku “Status Taksonomi dan Populasi Aquilaria dan Gyrinops” ini merupakan salah satu luaran dari kegiatan “CITES Phase II: Promoting Conservation of Plant Genetic Resources of Aquilaria and Gyrinops Species in Indonesia” yang didanai ITTO di tahun 2014. Buku ini merupakan hasil studi pustaka yang bertujuan untuk mempelajari status taksonomi dan populasi dua genus utama penghasil gaharu, Aquilaria dan Gyrinops di Indonesia. Studi pustaka ini diperkaya dengan kunjungan lapangan ke beberapa provinsi terpilih untuk menyakinkan bahwa populasi Aquilaria dan Gyrinops di alam masih dapat ditemui. Kunjungan lapangan juga penting untuk mengumpulkan foto dan herbarium Aquilaria dan Gyrinops.

Sketsa Aquilaria spp. dan Gyrinops spp. digambar dari koleksi spesimen pada Herbarium Bogoriense, Herbarium Pusat Konservasi dan Rehabilitasi dan Herbarium Wanariset Samboja. Kepada para pelukis, Bapak Subari, Bapak Wahyudi Santoso, Bapak Priono dan Ibu Anne Kusumawaty diucapkan terimakasih. Ucapan yang sama kami tujukan kepada para penyunting Dr Maman Turjaman, Prof. Dr. M. Bismark, Ir Tajudin Edy Komar, MSc dan Dra. Marfuah Wardani, MP. Terimakasih disampaikan kepada Koordinator ITTO Indonesia, Ir. Didik Purwito, M.Sc. beserta stafnya yang memprakarsai penerbitan buku ini. 

Sebelum terbit buku ini telah dibahas oleh para pakar dalam Technical Workshop yang dilaksanakan pada bulan Mei 2014 di IPB Convention Center. Kepada para pembahas utama, Dr. Ir. Tonny R. Soehartono, Prof Dr Harry Wiriadinata dan Prof Dr. Tukirin Partomihardjo, serta para peserta worshop kami ucapkan terimaksih atas masukannya untuk penyempurnaan buku ini.

 

Download:

Cover dalam, kata pengantar dan daftar isi

Pendahuluan dan Metoda Penelitian

Hasil dan Pembahasan-1

Hasil dan Pembahasan-2

 

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

 

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

 

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

 

Kesimpulan, saran dan daftar pustaka

Penulis : Adi Susilo, Titi Kalima & Erdy Santoso

Download :