30 Juni 2015 - 3320 klik
Sintesis Penelitian Integratif Penguatan Tata Kelola Kehutanan

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan bertanggung jawab atas pelaksanaan 7 (tujuh) RPI yaitu: 1) Manajemen Lanskap Hutan Berbasis DAS, 2) Pengembangan Hutan Kota/Lanskap Perkotaan, 3) Ekonomi dan Kebijakan Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi, 4) Pengembangan Perhitungan Emisi Gas Rumah Kaca Kehutanan (Inventory), 5) Adaptasi Bioekologi dan Sosial Ekonomi Budaya terhadap Perubahan Iklim, 6) Penguatan Tata Kelola Kehutanan, 7) Penguatan Tata Kelola Industri dan Perdagangan Hasil Hutan. Ketujuh RPI diatas merupakan penjabaran lebih lanjut dari 3 (tiga) tema penelitian (lanskap, perubahan iklim dan kebijakan) dari roadmap penelitian kehutanan 2010-2014.

Sintesis Penelitian Integratif Penguatan Tata Kelola Kehutanan telah menghasilkan beberapa output dan outcome berupa poster, prosiding, jurnal, Policy Brief, buku, bahan SNI Pengelolaan Hutan Lindung dan rekomendasi kebijakan.

Penulis : Sulistya Ekawati, Hariyatno Dwiprabowo, Marinus Kristiadi, Harun Handoyo, Fentie Jullianti Salaka, Bayu Subekti dan Krisno Dwi Raharjo

Download : BUKU_RPI_24-wv.pdf