04 September 2015 - 3901 klik
Reforma Agraria untuk Mendukung Tata Kelola Kehutanan yang Baik

Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas dan jumlah biodiversitas hutan tropis terbesar di dunia. Selain itu tekanan kepentingan ekonomi, investasi dan bisnis yang tinggi terhadap lahan, telah banyak meninggalkan fungsi sosial dan lingkungan masyarakat lokal, yang pada akhirnya telah menimbulkan konflik dalam pengelolaan sumber daya alam khususnya lahan hutan di Indonesia.

Oleh karena itu Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan telah banyak melakukan kajian terkait dengan reforma agraria. Kegiatan tersebut di antaranya melalui penelitian dan juga kajian isu aktual. Diharapkan melalui penelitian dan kajian tersebut akan mampu memberikan rekomendasi yang baik dan berlatar belakang ilmu pengetahuan kepada pemerintah.

Prosiding ini merupakan hasil seminar yang dilaksanakan di Ruang Rimbawan 2, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta pada tanggal 7 April 2014. Tujuan dilaksanakannya seminar ini adalah: 1) Mendiseminasikan aplikasi alat ukur kinerja tata kelola kehutanan yang baik di daerah, 2) Memberikan masukan kepada pemerintah baru tentang formulasi kebijakan dalam rangka reformasi agraria kehutanan, dan 3) Memberikan masukan kebijakan dalam pengelolaan hutan. Makalah yang dipresentasikan difokuskan pada kajian tentang konflik lahan serta kriteria dan indikator tata kelola kehutanan.

Penulis : Puslitbang Perubahan Iklim dan Kebijakan

Download : Reforma_Agraria_untuk_Mendukung_Tata_Kelola_Kehuta