21 Maret 2013 - 6304 klik
Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid I

Informasi teknologi perbenihan tanaman hutan dalam bentuk praktis, cukup lengkap dan bersifat informatif untuk mudah diaplikasikan di lapangan sangat diperlukan untuk meningkatkan keberhasilan program pembangunan hutan tanaman di Indonesia. Sangat disadari bahwa sampai saat ini informasi yang bersifat aplikatif tentang perbenihan tanaman hutan masih sangat terbatas, walaupun jumlah informasi hasil penelitian dan pengembangan cukup banyak dan bervariasi serta tersebar dalam berbagai bentuk publikasi.

Dalam rangka sosialisasi hasil penelitian dan pengembangan yang lebih efisien, praktis dan efektif, maka Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Perbenihan Bogor telah berhasil menyusun Buku Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid I ini. Atlas ini direncanakan terdiri dari beberapa jilid dengan isi yang cukup luas dalam bentuk risalah dan teknologi perbenihan dan diharapkan dapat bermanfaat, baik bagi pemerintah, ilmuwan/pemerhati maupun swasta/stakeholder. Untuk memperjelas uraian disertakan juga gambar berwarna.

Buku Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid I ini, memuat informasi tentang 23 jenis benih tanaman hutan yang terdiri dari jenis-jenis tanaman cepat tumbuh yang sedang populer dalam pengembangan hutan tanaman dan jenis-jenis relatif lambat tumbuh, tetapi memiliki potensi kegunaan kayu yang besar dan menjanjikan bagi kesejahteraan masyarakat. Adapun jenis-jenis tanaman tersebut adalah Ampupu, Benuang Bini, Bitti, Damar, Gmelina, Jabon, Jelutung, Leda Mahoni, Mangium, Meranti tembaga, Merbau, Mimba, Mindi, Pulai, Ramin, Rasamala, Sengon Buto, Sonobritz,Tusam dan Ulin.

Penulis : Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan

Download : atlas benih jilid 1.pdf