21 Maret 2013 - 4339 klik
Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid II

Benih tanaman hutan merupakan unsur strategis, karena benih mengawali pengembangan segenap fungsi hutan, dari hutan untuk industri sampai hutan untuk perlindungan tanah dan air, flora, fauna dan sumber plasma nutfah serta untuk kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu ketersediaan informasi benih tanaman hutan merupakan salah satu faktor kunci yang sangat diperlukan dalam menunjang keberhasilan pembangunan kehutanan.

Buku Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia jilid II ini merupakan kelanjutan dari Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia jilid I (memuat 23 jenis) yang telah diterbitkan pada bulan September 2000. Buku Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia jilid II ini memuat informasi tentang 26 jenis benih tanaman hutan yaitu Bakau, Cempaka kuning, Cendana, Dahu, Damar mata kucing, Eboni, Johar, Kaliandra, Kayu afrika, Kayu kuku, Kepuh, Kesambi, Khaya, Ki hiyang, Krasikarpa, Nagasari, Nyatoh, Panggal buaya, , Puspa, Sawo kecik, Sentang, Sonokembang, Suren, Takir dan Tisuk.

Risalah benih tanaman hutan yang dimuat di dalam buku ini merupakan hasil kajian dari hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Balai Teknologi Perbenihan (BTP) Bogor dan hasil-hasil penelitian instansi terkait. Pemberian nomor jenis benih dalam buku ini diawali dengan nomor 24 (Bakau) sampai 49 (Tisuk). Hal ini karena buku ini merupakan kelanjutan dari Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia jilid I yang memuat informasi tentang 23 jenis benih.

Penulis : Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan

Download : atlas benih II.pdf