22 November 2012 - 3329 klik
REDD+ & Forest Governance

Buku REDD+ dan Forest Governance merupakan kumpulan hasil riset yang diharapkan dapat menjadi acuan para pihak yang berkepentingan dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) dari kegiatan tata guna lahan, perubahan lahan dan kehutanan. Buku ini juga dimaksudkan untuk menjawab beberapa tantangan untuk implementasi mekanisme REDD+ (pengurangan emisi dari deforestasi dan degrdasi, konservasi, peningkatan cadangan karbon, konservasi, dan manajemen hutan yang berkelanjutan).

Tantangan yang perlu dijawab, sebagai berikut: (i) aplikasi measurable, reportable dan verifyable, MRV di semua tingkat pelaksana, (ii) informasi mekanisme insentif dan pendanaan yang memungkinkan harapan parapihak di tingkat nasional dan sub nasional, dan (iii) kapabilitas dan akuntabilitas tiga pilar governance (pemerintah, swasta dan masyarakat sipil) dalam mengimpelementasikan prinsip-prinsip good governance.

Penulis : Ari Wibowo, Kirsfianti Ginoga, Fitri Nurfatriani, Indartik, Hariyatno Dwiprabowo, Sulistya Ekawati, Haruni Krisnawati dan Chairil Anwar Siregar

Download : REDD_Forest_Governence.pdf