12 Februari 2016 - 1947 klik
Standar Pengujian dan Mutu Benih Tanaman Hutan

Buku standar pengujian dan mutu benih tanaman hutan ini meyediakan informasi penting tentang bagaimana metode pengujian mutu benih tanaman hutan dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan sumber daya manusia, sarana dan prasarana laboratorium pengujian benih.

Mutu benih yang menjadi fokus dalam pedoman ini ialah mutu fisik (kadar air, kemurnian, berat 1.000 butir) dan fisiologis (viabilitas dan daya berkecambah). Buku ini disusun dengan mengadopsi sebagian peraturan ISTA (International Seed Testing Association) dan dilengkapi dengan analisis data-data dari kegiatan penelitian Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan Bogor dan Perguruan Tinggi, data-data hasil kerjasama dengan Direktorat Bina Perbenihan Tanaman Hutan, serta Balai Perbenihan Tanaman Hutan seluruh Indonesia dalam kegiatan pembuatan standar mutu benih dan bibit (2009–2014).

Standar yang dimaksud dalam buku ini ialah standar pengujian mutu benih tanaman hutan dan standar mutu benih tanaman hutan yang layak diedarkan.

Pada akhirnya, semoga buku ini mampu meningkatkan wawasan dan kemampuan penguji mutu fisik dan fisiologis benih sehingga mampu mengawasi peredaran benih dan bibit tanaman hutan, serta meningkatkan produksi benih dan bibit tanaman hutan yang baik untuk program penanaman.

Penulis : Dede J. Sudrajat, Nurhasybi, Yulianti Bramasto

Download : b_standar_mutu.pdf