10 Mei 2016 - 1920 klik
Restorasi DAS Ciliwung

Buku “Restorasi DAS Ciliwung” ditulis sebagai salah satu bentuk keprihatinan akan bencana banjir yang setiap tahun melanda kota Jakarta dengan frekuensi dan skala yang makin meningkat.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mempunyai tupoksi melakukan penelitian berkaitan dengan pengelolaan DAS, maka Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPTKPDAS) Surakarta mencoba berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan banjir di Kota Jakarta melalui penulisan buku.

Disadari bahwa telah banyak penelitian dan publikasi mengenai permasalahan dan usulan penyelesaian banjir di Kota Jakarta, tetapi sampai saat ini penyelesaiannya belum signifikan. Untuk itu buku “Restorasi DAS Ciliwung” menawarkan penyelesaian melalui pendekatan Daerah Aliran Sungai.

Buku ini berisi tentang apa dan bagaimana melakukan restorasi DAS secara teoritis, dan kemudian dicobakan pada DAS Ciliwung. Data yang digunakan dalam tulisan ini merupakan hasil penelitian dan desk study yang dilakukan oleh para peneliti Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan DAS sejak tahun 2013. Titik berat dari buku ini adalah menetapkan tujuan akhir restorasi DAS Ciliwung, serta bagaimana membuat perencanaan untuk mencapai tujuan akhir tersebut.

Diharapkan buku ini dapat membantu para pemangku kepentingan dari Provinsi DKI, Jawa Barat dan Banten dalam mengurangi dampak banjir Kota Jakarta. Disadari bahwa buku yang telah disusun masih memerlukan penyempurnaan melalui penelitian-penelitian yang lebih mendalam, lebih komprehensif dan melibatkan lebih banyak bidang kepakaran, disamping masukan yang diharapkan berasal dari para pemangku kepentingan. Oleh karena itu penyempurnaanya perlu terus dilakukan seiring dengan bertambahnya informasi dan teknologi yang juga berkembang.

Penulis : Irfan B. Pramono

Download : Restorasi_DAS_Ciliwung_oleh_Irfan_Budi,dkk.pdf