21 Maret 2013 - 2300 klik
Profil PUSPIJAK (Pusat Litbang Perubahan Iklim dan Kebijakan)

Buku Profil PUSPIJAK (Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan) diharapkan menjadi sarana untuk mengenal lebih dekat Puspijak, aktivitas, sumber daya manusia dan capaian kegiatan yang diraihnya selama ini.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai institusi Litbang, Puspijak telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam lingkup penelitian dan mendesiminasikan kepada masyarakat luas baik melaui seminar, peluncuran buku, forum group discussion maupun keikutsertaan dalam berbagai pameran. Beberapa kegiatan penelitian yang telah dilakukan meliputi kajian Penatausahaan Kayu Rakyat dan Hutan Alam, Tata Niaga HHBK (Rotan, Kayu Manis, Kayu Putih), Nilai dan Perdagangan Jasa Hutan (DAS Brantas Hulu), Kelembagaan Perdagangan Jasa Hutan, Kelembagan Pengelolaan Hutan Lindung Sebagai Penyedia Jasa Lingkungan, Kajian Perijinan IUPHHK, Kelembagaan Pengelolaan DAS, Pengembangan Ekoturisme di TN, Perhutanan Sosial, Kajian Evaluasi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) Di Pulau Jawa, Kajian Tenurial, Pola-pola Pemberdayaan Masyarakat, dan Skema Kredit Hutan Rakyat.

Sejak tahun 2010 Puspijak juga banyak melakukan kajian terkait dengan manajemen lanskap hutan berbasis DAS, pengembangan hutan kota, ekonomi dan kebijakan pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi, pengembangan perhitungan emisi GRK kehutanan, adaptasi bioekologi dan sosial ekonomi budaya masyarakat terhadap perubahan iklim, penguatan tata kelola kehutanan dan penguatan tata kelola industri dan perdagangan hasil hutan. Puspijak juga telah menjalin kerja sama penelitian dengan berbagai lembaga Riset kehutanan dari luar maupun dalam negeri. Diantaranya dengan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, KOICA, ACIAR, ITTO dan World Bank dalam berbagai topik kerjasama penelitian. (Dr. Kirsfianti)

Penulis : Pusat Litbang Perubahan Iklim dan Kebijakan Kehutanan

Download : Profil Puspijak.pdf