26 Februari 2018 - 2085 klik
CerDAS-Cerita dan Informasi Seputar DAS Vol. 3 No. 1 Oktober 2017

Sebagaimana evolusi kehidupan dan tekanan lingkungan, banyak yang kemudian menghilang ditelan perjalanan waktu. Alangkah sayangnya, bila dalam sepanjang keberadaannya di bumi, suatu jenis pohon belum sempat termanfaatkan secara optimal oleh umat manusia. Dalam edisi kali ini, Majalah CerDAS menghadirkan ikhtiar pelestarian berbagai tanaman, terutama pohon, yang semakin hari semakin terdesak keberadaaannya.

Dimulai dari tulisan”Pembangunan Kebun Benih”, kemudian masuk ke fokusnya, yakni “Eksplorasi Gunung Prau: Upaya Penyelematan Flora Asli Pegunungan Dieng” dan diiringi laporan menarik “ Upaya Penyelematan Palahiar Gunung”.

Sosok inspiratif kali ini adalah Dr. Harry Santoso yang sudah malang melintang pergumulannya dalam persoalan DAS di Indonesia. Tentu saja menarik juga menyimak prinsip hidupnya yang sederhana namun sarat makna, yakni “mengalir seperti air, berjuang terus selagi mampu”. Jangan dilewatkan pula tulisan menarik lainnya tentang “Peta dan Pengelolaan DAS”, dan juga perihal “Struktur Tanah, bagaimana bisa mengenali secara mudah dan cepat di lapang”.

Penulis : Balitek DAS

Download : 2017_M_CERDAS_3_1_2017.pdf