19 Maret 2019 - 1056 klik
Swara Samboja: Implementasi dan Tantangan Ekowisata dalam Upaya Konservasi Sumberdaya Hutan

Salam Konservasi,

Prospek perkembangan ekowisata di Indonesia sangat cerah mengingat tren industri pariwisata domestik maupun global terus meningkat. Namun implementasi ekowisata jika tidak hati-hati justru malah mengancam upaya konservasi dan merusak destinasi ekowisata yang ada. Membahasnya secara lengkap, tulisan Ardiyanto Wahyu Nugroho berjudul “Implementasi dan Tantangan Ekowisata dalam Upaya Konservasi Sumberdaya Hutan: Apakah sudah memenuhi konsep kelestarian?” menjadi tajuk utama Majalah Swara Samboja Vol VII/No 1/Th 2018.

Selanjutnya, Mukhlisi akan membahas "Analisis Daya Dukung Lingkungan untuk Pengembangan Ekowisata di Trek Wartono Kadri KHDTK Samboja". Dalam naskah ini dibahas bagaimana cara menghitung daya dukung lingkungan untuk ekowisata dan juga bagaimana daya dukung lingkungan saat ini.

Dalam rubrik artikel, Syamsu E. Rinaldi dengan tulisan "Pengenalan Drone dan Pemanfaatannya dalam Bidang Kehutanan" akan membahas jenis dan ukuran drone, sistem navigasi drone, kegunaan drone serta penggunaan drone di bidang kehutanan.

Adi Susilo selanjutnya akan membahas Reservasi Online yaitu sistem yang sangat efektif dalam mengendalikan jumlah pendaki gunung dan meminimalkan dampak negatif dalam tulisannya yang berjudul "Reservasi Online: Alat Pengendali Jumlah Pendaki Gunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango".

Selanjutnya Bina S. Sitepu dan Harvey E. Ballard, Jr. dari Department of Environmental and Plant Biology, Ohio University USA akan membahas tulisan berjudul "District phenotypes in the Allium tricoccum Aiton Complex and Their Taxonomic Impact".

Pada kesempatan ini Swara Samboja mengetengahkan profil perintis "Mangrove Center", Agus Bei yang akan membagi informasi tentang bagaimana perjuangannya dalam mengembalikan ekosistem hutan mangrove di Teluk Balikpapan. Beliau juga dianugerahi penghargaan Kalpataru oleh Presiden Republik Indonesia pada kategori perintis lingkungan tahun 2017. Selamat Membaca.

Penulis : Balitek KSDA Samboja

Download : Swara_Samboja_Vol_VII_No_1_Tahun_2018.pdf