02 April 2019 - 1214 klik
Flora di Habitat Bekantan Lahan Basah Suwi Kalimantan Timur

Buku Flora di Habitat Bekantan Lahan Basah Suwi ini merupakan panduan praktis dalam kegiatan penelitian. Buku ini ditulis oleh Mukhlisi, Tri Atmoko dan Priyono dengan editor Adi Susilo, Sofyan Iskandar dan diterbitkan oleh Forda Press tahun 2018.

Lahan Basah Suwi secara ekologis memiliki peranan yang sangat penting, baik dilihat dari nilai ekologi maupun ekonomi. Lokasi tersebut merupakan salah satu habitat satwa yang terancam punah, buaya siam dan habitat satwa endemik kalimantan, bekantan. Sebaran habitat bekantan di Lahan Basah Suwi menjadi menarik, sebab mencirikan tipe perwakilan habitat bekantan pada ekosistem pasang surut rawa air tawar dan sungai yang jauh di pedalaman.

Ide penyusunan buku "Flora di Habitat Bekantan Lahan Basah Suwi" ini berawal dari kegiatan survei bekantan yang dilakukan oleh tim peneliti satwa liar dari Balitek KSDA bekerjasama dengan Yasiwa. Awalnya kegiatan hanya difokuskan pada kondisi habitat dan sebaran bekantan di Lahan Basah Suwi. Namun, saat dilakukan identifikasi jenis-jenis tumbuhan khas di rawa air tawar dan riparian, tim peneliti juga menjumpai hampir semua jenis tumbuhan tersebut sedang berbuah dan berbunga. Sehingga, data dan hasil dokumentasi yang diambil sangat representatif untuk dikompilasi menjadi sebuah buku agar lebih bermanfaat.

Penulis : Mukhlisi, Tri Atmoko, dan Priyono

Download : Buku_Flora_di_Habitat_Bekantan_Lahan_Basah_Suwi6.p