04 April 2019 - 9074 klik
200 Inovasi BLI (Edisi Revisi)

Inovasi merupakan salah satu upaya manusia agar hidupnya lebih berkualitas, melalui pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Inovasi diperlukan untuk menunjang aktivitas manusia agar lebih produktif, lebih mudah, lebih efisien, lebih cepat, berdaya guna dan memiliki daya saing tinggi.
Secara harfiah, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inovasi didefinisikan sebagai: (1) pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru atau pembaharuan; atau (2) penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat). Beberapa ahli mendefinisikan inovasi dari beberapa sudut pandang, namun tetap memiliki benang merah berupa kebaruan produk, alat, gagasan, maupun metode.
Berdasarkan Undang-Undang (UU) No.18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, definisi inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi. Dengan demikian terdapat benang merah dari semua definisi inovasi yang ada yaitu adanya kebaruan. Lebih lanjut, inovasi memiliki 4 ciri yaitu: (1) memiliki kekhasan/kekhususan, artinya suatu inovasi memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan hasil yang diharapkan; (2) memiliki ciri atau unsur kebaruan, dalam arti inovasi harus memiliki karakteristik sebagai sebuah karya dan buah pemikiran yang memiliki kadar orisinalitas dan kebaruan; (3) dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa suatu inovasi dilakukan melalui suatu proses yang tidak tergesa-gesa, namun disiapkan secara matang dengan program yang jelas dan direncanakan terlebih dahulu; dan (4) memiliki tujuan, artinya program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.
Buku ini memilah beragam hasil penelitian dan pengembangan BLI beberapa dasawarsa terakhir, dan dianggap memenuhi keriteria sebagai bentuk inovasi untuk dipublikasikan kepada khalayak. Buku ini memilih 200 inovasi untuk disampaikan kepada para pemangku kepentingan. Kumpulan inovasi tersebut dibagi kedalam 4 kategori inovasi yaitu: (1)produk; (2) proses; (3) alat; dan (4) gagasan.

Download : Inovasi 200 BLI (Revisi)

Penulis : Dr. Krisdianto, Dkk

Download :