08 Oktober 2019 - 1444 klik
KONSERVASI DAN EKOWISATA GAJAH Sebuah Model dari KHDTK Aek Nauli

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus menggalakkan berbagai program untuk mencegah semakin meluasnya degradasi hutan dan kehilangan keragaman hayati, termasuk satwa liar. Peranan Badan Litbang dan Inovasi juga terus ditingkatkan untuk memberikan berbagai informasi dan rekomendasi dalam mendukung program tersebut. Salah satunya adalah mengimplementasikan berbagai penelitian dan pengembangan konservasi gajah di KHDTK Aek Nauli, yang diberi nama “Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC)”. 

Seperti diketahui bersama, gajah saat ini merupakan satwa liar yang sudah dilindungi dan statusnya sudah tergolong terancam punah. Berkurangnya habitat gajah di Pulau Sumatra tentunya akan semakin meningkatkan konflik gajah dengan manusia. Perburuan akan berdampak pula terhadap keterancaman populasinya sehingga membutuhkan dukungan upaya konservasi dari semua pihak. Pengembangan gajah jinak di KHDTK Aek Nauli dengan tujuan meningkatkan peluang perkembangbiakan gajah, pengawetan genetik, sebagai objek penelitian dan pemanfaatan untuk tujuan ekowisata diharapkan dapat menjadi model dalam mewujudkan pengelolaan sumber daya hutan yang berkelanjutan. 

Untuk mewujudkan pengelolaan ANECC yang optimal, berbagai informasi ilmiah sangat dibutuhkan untuk menjadi acuan kebijakan pengelolaan yang tepat ke depannya. Kehadiran buku ini dengan judul Konservasi dan Ekowisata Gajah: Sebuah Model dari KHDTK Aek Nauli diharapkan mampu menjadi jawaban untuk mewujudkan pengelolaan ANECC ataupun ekowisata satwa liar pada kawasan hutan lainnya. Buku ini memberikan pengetahuan dan informasi yang lengkap terkait bioekologi gajah dan pemahaman terhadap ekowisata, serta telah dilengkapi dengan berbagai rekomendasi strategi pengembangan ekowisata untuk mendukung konservasi satwa liar, khususnya gajah yang cukup komprehensif.

Penulis : Wanda Kuswanda, Rospita O. P. Situmorang, Kaniwa Berliani, Sriyanti P. Barus, & Johansen Silalahi

Download : Buku_Konservasi_dan_Ekowisata_Gajah.pdf