28 Januari 2020 - 2175 klik
Bunga Rampai Bioprospeksi Tanaman Obat di Hutan Tropis Indonesia

Riset tanaman obat dari hutan merupakan program riset prioritas nasional bagi Kementerian Kesehatan. Namun demikian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam hal ini Badan Litbang dan Inovasi (BLI) sebagai penanggungjawab dan pengelola riset yang berkaitan dengan bioprospeksi dari biodiversitas hutan tropis, juga melakukan riset tanaman obat dari hutan tropis Indonesia.

Badan Litbang dan Inovasi (BLI) telah memprogramkan kegiatan riset dengan menginisiasi potensi tanaman obat dari hutan yang selama ini masih banyak jenis-jenis pohon maupun tumbuhan bawah yang belum masuk proses domestikasi. Secara bertahap, riset tanaman obat dari hutan telah dilaksanakan pada periode 2015-2019 pada beberapa jenis komoditi, yang dipilih oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan BLI. Kondisi infrastruktur laboratorium dan SDM peneliti sangat terbatas, maka setiap UPT hanya melakukan 1-2 komoditi saja. Beberapa peneliti di UPT melakukan jejaring kerja sama dengan universitas lokal di masing-masing provinsi.

Output utama riset tanaman obat dari hutan di sektor hulu yang utama adalah menyediakan informasi Iptek tentang informasi dasar penyebaran, ekologi dan tempat tumbuh dari setiap jenis lokal tanaman obat dari hutan yang diteliti pada setiap UPT. Informasi dasar lain yang penting adalah bagaimana melakukan teknik budidaya dari masing-masing jenis pohon, informasi awal fitofarmaka dari masing-masing spesies tanaman obat yang diteliti, itupun apabila SDM yang meneliti mampu melakukan analisis di laboratorium. Informasi dasar Iptek dari hasil-hasil riset tanaman obat dari hutan telah dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional.

Akhir kata, kumpulan naskah ilmiah yang menjadi satu dalam bunga rampai ini masih banyak sekali kekurangannya. Semoga bunga rampai ini dapat bermanfaat bagi pemegang kebijakan dan peneliti-peneliti lain yang berminat menekuni tanaman obat dari hutan tropis Indonesia.

Penulis : Badan Litbang dan Inovasi KLHK

Download : Bunga_Rampai_Bioprospeksi_Tanaman_Obat_di_Hutan_Tropis_Indonesia.pdf