24 April 2020 - 1753 klik
KRITERIA BIBIT TANAMAN HUTAN SIAP TANAM : untuk pembangunan hutan dan rehabilitasi lahan

Bibit tanaman hutan memegang peran penting dalam meningkatkan produktivitas hutan dan memulihkan atau merehabilitasi lahan dan hutan yang terdegradasi. 

Kebutuhan bibit atau bahan tanaman siap tanam untuk berbagai program penanaman mendorong diberlakukannya suatu standar mutu bibit sebagai refleksi dari kriteria bibit siap tanam. Mutu bibit diartikan sebagai suatu karakter yang sesuai dengan tujuan yang memberi indikasi bahwa karakter bibit yang dijadikan parameter penentu dapat menjamin kemampuan bibit untuk beradaptasi dan tumbuh optimal setelah penanaman. 

Buku ini memuat informasi kriteria bibit siap tanam khususnya untuk tujuan pembangunan hutan tanaman, hutan rakyat dan rehabilitasi lahan kritis baik di dalam maupun di luar kawasan hutan. 

Kehadiran buku ini untuk melengkapi informasi mengenai standar mutu bibit tanaman hutan yang telah tersedia. Buku ini dibagi ke dalam beberapa pokok bahasan, yaitu pendahuluan, parameter mutu bibit, pengelolaan persemaian praktis, standar mutu bibit siap tanam untuk tujuan rehabilitasi hutan dan lahan serta pembangunan hutan tanaman atau hutan rakyat, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penanaman tanaman hutan. 

Buku ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan gambaran yang lebih baik terhadap pemegang kebijakan, pengawas, pengada, pengedar, pengguna, dan stakeholder lainnya mengenai kriteria bibit tanaman hutan siap tanam dan penerapannya di lapangan untuk mencapai kualitas tanaman (plant quality) yang terbaik.

Penulis : Nurhasybi, Dede J. Sudrajat, Eliya Suita

Download : Kriteria_Bibit_Tanaman_Hutan.pdf