03 Desember 2020 - 639 klik
Buku Orasi: Aplikasi Genetika Molekuler untuk Konservasi Genetik Tumbuhan Hutan Tropis Terancam Punah

Spesies-spesies tumbuhan hutan tropis terancam punah secara umum mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi. Resiko kepunahan spesies-spesies tersebut akan semakin meningkat apabila tidak dilakukan upaya pengendalian dan pelestarian. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah kepunahan melalui kegiatan konservasi. Konservasi tidak hanya mempertahankan jumlah pohon dan populasinya saja tetapi juga memperhatikan aspek genetik yang sangat mempengaruhi tumbuhan untuk berkembang dan beradaptasi dengan lingkungannya, yang lebih dikenal  dengan konservasi genetik. 

Kegiatan konservasi genetik tumbuhan memerlukan kontribusi dari genetika molekuler. Aplikasi genetik molekuler menggunakan marka DNA dilakukan untuk memperoleh informasi genetik spesies tumbuhan hutan terancam punah. Marka DNA, seperti RAPD dan SSR telah digunakan untuk menganalisis keragaman genetik, hubungan kekerabatan antar spesies dan populasi serta sistem perkawinan.

Buku Orasi ini menguraikan tentang pentingnya informasi genetik didalam menyusun strategi konservasi genetik; perkembangan konservasi genetik; aplikasi marka DNA dan pemanfaatannya untuk menyusun strategi konservasi genetik serta implikasinya pada kebijakan dalam penyusunan strategi dan pelaksanaan konservasi genetik tumbuhan hutan terancam punah.

Penulis : Anthonius Yan Pancratius Bambang Catur Widyatmoko

Download : https://library.forda-mof.org/libforda/koleksi-1056-orasi-pengukuhan-profesor-riset-bidang-genetika-molekuler-aplikasi-genetika-molekuler-untuk-konserva.html