03 Desember 2020 - 613 klik
Buku Orasi: Pemuliaan Tanaman Hutan Cepat Tumbuh untuk Peningkatan Kualitas Bahan Baku Industri Hilir

Pemuliaan tanaman hutan dengan peningkatan pertumbuhan tanaman dan kualitas kayu maupun bukan kayu merupakan upaya untuk menghasilkan benih unggul dari suatu jenis tanaman dengan sifat-sifat yang diperlukan oleh industri hilir. Pemuliaan tanaman hutan dilakukan melalui serangkaian seleksi untuk mendapatkan pohon unggul diantaranya melalui uji keturunan, uji klon hingga penyerbukan terkendali. Dukungan pengembangan berbagai marka DNA dilakukan untuk membantu akurasi proses seleksi serta teknologi serta manajemen yang diterapkan di kebun benih sebagai pendukung pemuliaan sangat diperlukan untuk mengatur perolehan benih unggul.

Orasi ini memaparkan tentang perkembangan terkini dan masa depan iptek pemuliaan tanaman hutan di Indonesia; Perbaikan genetik sifat tanaman hutan berdasarkan kebutuhan industri hilir; serta Teknologi dan manajemen pendukung pemuliaan.

Penulis : Mudji Susanto

Download : https://library.forda-mof.org/libforda/koleksi-1058-orasi-pengukuhan-profesor-riset-bidang-genetika-dan-pemuliaan-tanaman-pemuliaan-tanaman-hutan-cepat-.html