06 Januari 2021 - 616 klik
Swara Samboja IX Nomor 1 Tahun 2020

Salam Konservasi!

Crop raiding merupakan strategi satwa untuk bertahan hidup di tengah lanskap yang telah didominasi oleh manusia. Bagaimanakah Crop Raiding di Indonesia?, Apa dampak crop raiding bagi satwa liar?, dan Bagaimana upaya konservasi satwa crop raider?, topik tersebut menjadi Tajuk Utama Majalah Swara Samboja kali ini yang disampaikan Tri Sayektiningsih dalam artikel berjudul Crop Raiding oleh Satwa Liar.

Selanjutnya, Mardi Tofani Rengku dkk., akan membahas konflik dan gangguan monyet ekor panjang dan beruk dengan manusia di KHDTK Hutan Penelitian Samboja dalam tulisan berjudul Mitigasi Potensi Konflik Monyet (Macaca fascicularis dan Macaca nemestrina) dengan Manusia di Sekitar KHDTK Samboja.

Invasi Calotes versicolor ke Kalimantan: Pesaing Baru Bronchocela cristatella yang ditulis Teguh Muslim menjadi sajian berikutnya. Dalam artikel ini dibahas invasi Calotes versicolor ke Kalimantan serta pemangsaan dan perbedaan morphologi antara kedua jenis bunglon tersebut.

Dalam rubrik Artikel, Mira Kumala Ningsih dkk. akan membagikan hasil penelitian berjudul Pertumbuhan Tanaman Ulin (Eusideroxylon zwageri Teijsm & Binn.) di KHDTK Samboja. Artikel ini membahas tentang persen hidup, pertumbuhan diameter dan tinggi, dan kerampingan Ulin di KHDTK Samboja.

Sebagai penutup pada edisi kali ini, Burhanuddin Adman membahas hasil kajian keanekaragaman hayati, khususnya flora, di kawasan perlindungan hayati PT Pertamina Hulu Mahakam di lapangan Bekapai-Senipah-Peciko (BSP) dalam tulisan berjudul Keanekaragaman Ekosistem dan Spesies Tumbuhan di Kawasan Perlindungan Keanekaragaman Hayati PT Pertamina Hulu Mahakam.

Pada edisi ini, Swara Samboja mengetengahkan sosok inspiratif yaitu Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS. Beliau merupakan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia tahun 2009-2011 dan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia Republik Indonesia Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Selamat Membaca!

Penulis : Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam

Download : https://balitek-ksda.or.id/majalah-swara-samboja-vol-ix-no-1-tahun-2020/?fbclid=IwAR3dTpjtiZ9_PwbaFP4YNAs8e8Z3svZAuiLvCb2xmUA5UrraLIHavoAd8hs