21 Juni 2021 - 1977 klik
Harmoni Baru Manusia dan Alam di Dataran Tinggi, Rendah dan Lahan Basah

Buku ini merupakan hasil kristalisasi webinar-talkshow bertajuk Obrolan Pelepas Lelah (OPL): Menyingkap yang tak terungkap. OPL dilaksanakan Balai Litbang LHK Palembang sebanyak 7 seri, sejak Bulan September hingga Desember 2020. Tema utama yang diangkat adalah “harmoni manusia dan alam”, yang merupakan bahan diskusi abadi dan tak pernah kering dalam kehidupan umat manusia.

Webinar-talkshow OPL 2020 menampilkan 10 pembicara untuk sub tema dataran tinggi, 8 pembicara untuk sub tema dataran rendah, 13 pembicara untuk sub tema lahan basah. Dari materi-materi talkshow tersebut, 24 pembicara kemudian menuliskannya menjadi makalah; 6 makalah terkait dataran tinggi, 8 makalah menyangkut sub tema dataran rendah, 10 makalah termasuk sub tema lahan basah. Kumpulan makalah inilah yang membentuk kesatuan, menjadi sebuah buku. Banyak gagasan dan pengetahuan baru, pengalaman-pengalaman yang selama ini tak terungkap yang dimunculkan dalam makalah-makalah buku ini. Semoga bermanfaat bagi pengelolaan lanskap lingkungan hidup dan kehutanan Indonesia.

Penulis : Pembicara Talkshow Obrolan Pelepas Lelah (OPL) Berseri - Balai Litbang LHK Palembang

Download : https://bpk-palembang.org/publikasi/buku/harmoni-baru-manusia-dan-alam-di-dataran-tinggi-rendah-dan-lahan-basah.html