FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2020


Berita Kehutanan

23 November 2020
Mangrove Lestari, Masyarakat Sejahtera

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merupakan respon kebijakan yang ditempuh Pemerintah dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional, serta untuk mendukung kebijakan keuangan negara. Salah satu program PEN di bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan diterjemahkan dalam Program Padat Karya Penanaman Mangrove (PKPM).

Berita Litbang

21 November 2020
Minim Sampah, Keren!

[FORDA]_Sebuah papan tulis mini berwarna hitam dengan bingkai kayu coklat muda, tampak mencolok di atas meja Bank Sampah Unit (BSU) Cendana. Saat didekati, terbaca “minim sampah, keren”. Tulisan berwarna putih kapur itu, cukup menyentak kesadaran. Keren, ternyata bukan hanya soal penampilan.

Siaran Pers

20 November 2020
Satu Lagi, Korporasi Perusak Lingkungan Pantai Segera Disidangkan

Nomor: SP.477/HUMAS/PP/HMS.3/11/2020 Penyidik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK) menyerahkan tersangka korporasi PT BMMI yang diwakili oleh BR (58), Direktur Utama PT BMMI, beserta barang buktinya ke Kejaksaan Negeri Belitung, pada tanggal 19 November 2020. PT BMMI terlibat dalam kasus reklamasi pantai tanpa izin yang menyebabkan rusaknya mangrove di Desa Air Saga, Kelurahan Tanjungpandan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Berita Litbang

20 November 2020
Ekstraksi Propolis Sederhana Berbasis Air

Propolis diketahui mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Di tengah kondisi pandemi global seperti saat ini, propolis menjadi alternatif untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Karena manfaat dan nilai ekonominya yang cukup tinggi, banyak ahli mencoba beberapa metode untuk ekstraksi raw propolis. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah ekstraksi propolis menggunakan air atau water based.

Berita Kehutanan

19 November 2020
Lahirnya Sri Kurnia Menambah Koleksi Lumba-Lumba di Taman Satwa

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Balai KSDA (BKSDA) Jawa Tengah telah melakukan pemeriksaan kelahiran Lumba-Lumba (Tursiops Aduncus) berdasarkan Berita Acara Nomor : BA.1849/K.21-TU/KSA.2/10/2020 tanggal 22 Oktober 2020. Lumba-lumba tersebut merupakan hasil breeding satwa dilindungi yang dilakukan oleh Taman Satwa (TS) PT. Wersut Seguni Indonesia (WSI) dari induk jantan Suarez dan betina Camelia. Camelia berhasil melahirkan bayi pada tanggal 29 Juni 2020 berjenis kelamin betin

Berita Litbang

19 November 2020
Kemilau Pomade, Diversifikasi Produk Perlebahan yang Bernilai Ekonomi

Pembuatan pomade dengan lilin lebah, selain memberikan nilai tambah pada bahan baku alami ini juga dapat menjadi pendapatan tambahan dari sektor hasil hutan bukan kayu, khususnya melalui skema diversifikasi produk perlebahan. Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) melalui tim perlebahannya, menjadikan komoditi pomade sebagai salah satu diversifikasi produk perlebahan yang terangkum dalam beragam kegiatan diseminasi paket ilmu pengetahuan dan teknologi perlebaha

Berita Litbang

19 November 2020
Merawat Denyut Cempaka di Sulawesi Utara

[BP2LHK Manado]_Kayu Cempaka memiliki nilai penting dalam sejarah masyarakat di Sulawesi Utara, terutama bagi masyarakat Minahasa. Kayu ini merupakan salah satu bahan baku untuk rumah Walewangko atau sering disebut juga Woloan, rumah tradisional (rumah kayu) Minahasa. Rumah ini merupakan identitas dan kebanggaan sosial budaya masyarakat Minahasa sejak dahulu.

Berita Litbang

18 November 2020
Kaji Dampak Deposisi Asam terhadap Lingkungan, P3KLL Uji Air Permukaan Situ Gunung

Tim laboratorium Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) melakukan pengambilan contoh uji air permukaan di Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, 27 Oktober 2020.

Berita Kehutanan

18 November 2020
Padat Karya Penanaman Mangrove : Langkah Extra Ordinary yang Pulihkan Lingkungan Sekaligus Perekonomian Masyarakat

Kunjungan yang dilakukan oleh Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Lhk) pada tanggal 11-14 November 2020 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka monitoring pelaksanaan program Padat Karya Penanaman Mangrove (PKPM) menemukan respon positif dari masyarakat setempat, tepatnya di Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Siaran Pers

17 November 2020
Penjelasan KLHK Tentang Penyediaan Kawasan Hutan untuk Pembangunan Food Estate

Nomor : SP. 474/HUMAS/PP/HMS.3/11/2020 Terbitnya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PermenLHK) nomor 24 tahun 2020 tentang Penyediaan Kawasan Hutan untuk Pembangunan Food Estate merupakan kebijakan Pemerintah memberikan pedoman regulasi penyediaan kawasan hutan untuk pembangunan Food Estate yang merupakan program strategis nasional dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry