FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2020


Berita Litbang

01 Desember 2020
Mengurai Problematika Pola Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Lahan Basah

Pembangunan berkelanjutan ditujukan untuk melestarikan sumber daya alam (SDA), sehingga dapat mendukung kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang. Namun kurangnya pemahaman masyarakat tentang ini, membuat banyak pengelolaan SDA dilakukan dengan kurang bijaksana. Hal ini diungkapkan para narasumber Obrolan Pelepas Lelah (OPL) Seri 5, webinar berseri Balai Litbang LHK Palembang, Selasa (17/11/2020) lalu.

Siaran Pers

01 Desember 2020
Menteri LHK Harap Anggaran Kegiatan 2021 Dapat Gerakkan Perekonomian

Nomor: SP.493/HUMAS/PP/HMS.3/11/2020 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada Tahun Anggaran (TA) 2021 memperoleh anggaran sebesar 7,9 Trilirun Rupiah, termasuk untuk Badan Restorasi Gambut sebesar 312 Miliar Rupiah. Menteri LHK, Siti Nurbaya di Jakarta (30/11/2020) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk TA 2021 kepada seluruh unit kerja lingkup Kementerian LHK, yang secara simbolis diterima oleh Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal, Direktur Jenderal (Dirjen

Berita Kehutanan

01 Desember 2020
Sepasang Harimau Sumatera Bersaudara Kembali ke Habitat Alaminya

Sepasang Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang diyakini adalah saudara seinduk, yakni Putra Singgulung dan Putri Singgulung, telah berhasil dilepasliarkan ke habitat alaminya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat dan tim dari Yayasan ARSARI Djojohadikusumo. Proses pelepasliaran yang dipimpin oleh BKSDA Sumatera Barat ini dilakukan sejak hari Kamis, 26 November 2020 sampai Jumat, 27 November 2020.

Berita Litbang

30 November 2020
Kawal Pembangunan Pusat Perbenihan dan Riset Hutan Tropika Internasional, Peneliti B2P2BPTH Studi Banding ke Persemaian Modern

Turut mengawal pembangunan Pusat Perbenihan dan Riset Hutan Tropika Internasional yang ditugaskan Presiden kepada Menteri LHK, para Peneliti Badan Litbang dan Inovasi Kementerian LHK bersama Ditjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (DASHL) melaksanakan benchmarking atau semacam studi banding ke PT. Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) Pangkalan Kerinci, Riau.

Berita Litbang

30 November 2020
Daya Tarik Alam dan Budaya di DAS Bribin, Potensi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat

Karakteristik kars, keberadaan gua, telaga, sungai bawah tanah, hutan, dan pantai yang ada di DAS Bribin potensial dikembangkan menjadi wisata alam yang berkelanjutan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Dukungan tradisi dan budaya masyarakat setempat menambah daya tarik tersendiri yang menjadikan DAS Bribin menjadi ekowisata yang terkemuka dan berbudaya.

Siaran Pers

30 November 2020
Indonesia dan Bank Dunia Tandatangani Kesepakatan Pembayaran Pengurangan Emisi Karbon

NOMOR: SP. 491/HUMAS/PP/HMS.3/11/2020 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), mewakili pemerintah Indonesia, menandatangani kesepakatan penting dengan Fasilitas Kemitraan Karbon Hutan (Forest Carbon Partnership Facility/ FCPF) yang dikelola oleh Bank Dunia, Jumat (27/11). Kesepakatan tersebut membuka peluang bagi Indonesia untuk menerima hingga 110 juta dolar AS untuk upaya penurunan emisi karbon dari deforestasi dan degradasi hutan hingga 2025.

Berita Kehutanan

30 November 2020
KLHK Raih Penghargaan Bhumandala Rajata

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali meraih penghargaan Bhumandala Rajata dalam Bhumandala Award yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) pada hari Jumat, 27 November 2020 di Jakarta. KLHK mendapat penghargaan ini atas prestasinya dalam mengembangkan simpul jaringan dan meningkatkan pemanfaatan informasi geospasial. Pada Bhumandala Award periode sebelumnya di tahun 2018, KLHK juga telah mendapatkan penghargaan dalam kategori yang sama, Bhumandala Rajata.

Berita Kehutanan

28 November 2020
Penghargaan Spesial Menteri LHK untuk Penulis Buku Bonita:Hikayat Sang Raja

Launching buku Bonita: Hikayat Sang Raja, karya wartawan Detik.com Haidir Anwar Tanjung, digelar di Arboretum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Jumat (27/11/2020). Launching dan bedah buku ini dilaksanakan, sepekan setelah penulis tunggal buku yang berkisah tentang penyelamatan satwa langka Harimau Sumatera itu meninggal dunia.

Berita Kehutanan

28 November 2020
Wakil Menteri LHK: Feisal Tamin Mentor Netralitas ASN

Memperingati Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia ke 49. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan bedah buku berjudul "Feisal Tamin, Benteng Netralitas Aparatur Negara" di Jakarta, (27/11).

Siaran Pers

27 November 2020
Gakkum KLHK dan Polda Riau Bongkar Belasan Sawmill Kayu Ilegal di Kampar

Nomor: SP.486/HUMAS/PP/HMS.3/11/2020 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Ditjen Gakkum) KLHK dan Polda Riau membongkar belasan tempat pengolahan kayu (sawmill) ilegal dalam operasi penindakan untuk menyelamatkan Suaka Margasatwa (SM) Rimbang Baling, pada tanggal 18-22 November 2020. Operasi gabungan tersebut berhasil mengamankan 664 batang kayu gelondong dan 2.559 keping kayu olahan.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry