SEKILAS INFO

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Baca Selanjutnya
  • FORDA Survey – Baca Selanjutnya
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Baca Selanjutnya
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Baca Selanjutnya
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Baca Selanjutnya
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Baca Selanjutnya

Arsip Berita Tahun 2020


Berita Kehutanan

27 November 2020
KLHK Gali Potensi Produk Unggulan Lokal Lahan Gambut

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melalui peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbang Hutan), Badan Litbang dan Inovasi (BLI), melakukan kajian penerapan multisistem silvikultur (budidaya) di lahan gambut. Kajian-kajian tersebut dilakukan untuk mendukung upaya merehabilitasi lahan gambut, sekaligus untuk menggali, dan mengembangkan produk unggulan lokal di lahan gambut.

Berita Litbang

27 November 2020
Pandemi Tak Surutkan Semangat BP2LHK Aek Nauli Layani Mahasiswa Magang dan Praktik Lapangan

Pandemi Covid-19 ternyata tidak menyurutkan pelayanan Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli kepada publik sebagai pengguna hasil litbang. Di tengah keterbatasan, BP2LHK Aek Nauli tetap terbuka bagi berbagai pihak yang ingin berkunjung dan belajar, salah satunya adalah mahasiswa magang dan praktik lapangan.

Siaran Pers

26 November 2020
Strategi Konservasi Kehati untuk Pulihkan Ekosistem Gambut

NOMOR: SP. 484/HUMAS/PP/HMS.3/11/2020 Pemulihan fungsi ekologis gambut, tidak terlepas dari perlindungan terhadap keanekaragaman hayati (kehati). Selain itu, data dan informasi sosial, ekonomi, serta kelembagaan yang ada di masyarakat sekitar ekosistem gambut juga penting. Karena hal tersebut mempengaruhi strategi pengelolaan ekosistem gambut secara tepat, yang dapat mendukung ekosistem gambut berkelanjutan, dan mensejahterakan masyarakat.

Siaran Pers

26 November 2020
SIMONTANA KLHK Raih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020

Nomor: SP.483/HUMAS/PP/HMS.3/11/2020 Sistem Monitoring Kehutanan Nasional (SIMONTANA) atau National Forest Monitoring System (NFMS), lolos ke dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Sebelumnya, Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini pada Juni lalu masuk dalam Top 99 dalam kompetisi yang sama.

Berita Kehutanan

26 November 2020
Lagi, KLHK Raih Penilaian Badan Publik Informatif

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2020 kembali meraih penilaian sebagai Badan Publik Kementerian dengan kualifikasi Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP). Sebelumnya, penganugerahan keterbukaan informasi publik dengan kualifikasi informatif ini juga telah diraih oleh Kementerian LHK pada tahun 2019 lalu. Penyerahan penghargaan sebagai Badan Publik Kategori Kementerian dengan kualifikasi Informatif dari KIP ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Ind

Siaran Pers

25 November 2020
PK Ditolak, Mahkamah Agung Denda PT NSP 1,072 Trilyun Rupiah Atas Kebakaran Lahan

Nomor: SP. 481/HUMAS/PP/HMS.3/11/2020 Mahkamah Agung (MA) putuskan menolak permohonan peninjauan kembali (PK) kasus perdata kebakaran lahan PT Nasional Sago Prima (NSP), anak perusahaan PT Sampoerna Agro Tbk. Atas putusan yang dikeluarkan pada19 November 2020 tersebut, PT NSP tetap harus bertanggung jawab atas kebakaran lahan seluas 3.000 ha di lahan konsesinya.

Berita Litbang

25 November 2020
Jamur P. chrysosporium untuk Pengolahan Pulp Semi Mekanis Ramah Lingkungan

Jamur P. chrysosporium disebut memiliki kemampuan mengeliminasi kandungan non-selulosa (lignin, hemiselulosa dan zat ekstraktif) pada serpihan kayu. Terkait efektivitasnya tersebut, tim peneliti Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) mengujicoba penerapannya pada kayu terentang (Comnosperma auriculata) sebagai jenis alternatif serat.

Berita Kehutanan

25 November 2020
Orangutan Tapanuli Dilepasliarkan di Cagar Alam Dolok Sipirok

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Balai Besar KSDA (BBKSDA) Sumatera Utara, Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan bersama Tim HOCRU-OIC kembali melakukan pelepasliaran Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) di kawasan Cagar Alam Dolok Sipirok, pada Senin, 23 November 2020. Orangutan tersebut sehari sebelumnya dievakuasi dari Dusun Padang Bulan, Desa Marsada, Kecamatan Sipirok, karena menurut informasi warga telah memasuki pemukiman selama 4 (empat) hari.

Siaran Pers

24 November 2020
Wisata Berbasis Ekosistem dan Kearifan Lokal untuk Masyarakat

NOMOR: SP. 479/HUMAS/PP/HMS.3/11/2020 Dalam pengelolaan ekosistem gambut, penting adanya keterlibatan masyarakat setempat. Selain itu, pengelolaan lahan gambut juga tidak hanya untuk memperoleh keuntungan finansial saja, tetapi untuk pemulihan ekosistem gambut. Oleh karena itu, jasa lingkungan khususnya ekowisata, menjadi potensial untuk dikembangkan di ekosistem gambut.

Berita Litbang

23 November 2020
Foresight Analysis: Meninjau Masa Depan Pengelolaan Hutan Rakyat di Sulawesi Selatan

Meninjau masa depan pengelolaan hutan rakyat di Sulawesi Selatan, Tim Peneliti ACIAR – Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Makassar menggelar workshop bertajuk “Foresight Analysis”, Rabu (18/11/2020) di Hotel Dalton Makassar. Melibatkan peserta dari berbagai elemen masyarakat, kegiatan ini berlangsung secara hybrid, yaitu tatap muka dan daring melalui aplikasi Zoom yang disiarkan melalui channel YouTube Balai Litbang LHK Makassar.

Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan