FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2021


Siaran Pers

23 Maret 2021
Gakkum KLHK Tahan Pemilik Kayu Illegal Asal Kepulauan Aru

Penyidik Balai Gakkum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) wilayah Jabalnusra menahan WD (49) pimpinan KSU Cendrawasih dan JH (38) pimpinan CV Muara Tanjung atas dugaan kepemilikan 4.832 batang (77,31 M3) dan 4.483 batang (134,71 M3) kayu Merbau ilegal pada Jumat (19/3) di Surabaya.

Berita Litbang

22 Maret 2021
Effective Method of Binuang Bini Seed Storage

[FORDA] _Seed storage plays an essential role in the process of developing plantation forests. The right storage method will be able to keep the seeds in good condition (viability and high vigor), to protect the seeds from pests and fungi, and keep the seeds sufficient when the fruiting seasons cannot fulfill.

Berita Kehutanan

22 Maret 2021
Ngonser Perdana 2021 untuk Lingkungan dan Hutan Lestari

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional dan Hari Bhakti Rimbawan ke-38, BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) DKI Jakarta dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) kembali menyelenggarakan acara “Ngonser” (Ngobrol Santai Konservasi) di Suaka Margasatwa Muara Angke, DKI Jakarta, (20/2). Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kerja Sama Penguatan Fungsi Kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke yang didukung oleh berbagai mitra yang tergabung dalam Konsorsium MERA.

Siaran Pers

22 Maret 2021
KLHK Bangun Sekat Kanal dan Program Desa Mandiri Gambut di Kalteng

Nomor: SP.86/HUMAS/PP/HMS.3/3/2021 Kementerian LHK melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) melakukan kegiatan-kegiatan pemulihan ekosistem gambut di Kalimantan Tengah. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mendukung Program Ketahanan Pangan (Food Estate) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di areal Eks PLG 1 Juta Hektar.

Berita Litbang

21 Maret 2021
Forest and Land Fires Resilient Villages

[FORDA] Forest and land fires in Indonesia has become an annual event, particularly in dry season. The villages within and around the forest, as well as the communities, are the closest parties and have the impacts for the first place. How are they prepared?

Siaran Pers

20 Maret 2021
Internalisasi Perubahan Iklim dalam Kurikulum Pendidikan

Nomor: SP.85/HUMAS/PP/HMS.3/03/2021 Sebagai upaya meningkatkan kesadaran (awareness) masyarakat dan para pemangku kepentingan (stakeholder) terhadap fenomena perubahan iklim dan pengelolaan lingkungan hidup, maka sangat penting untuk dapat dilakukan internalisasi isu perubahan iklim dalam dunia pendidikan. Melalui pendidikan perubahan iklim, turut mendukung kesiapan masyarakat dalam menghadapi dampak-dampak perubahan iklim yang terjadi.

Berita Kehutanan

19 Maret 2021
Kampung Iklim Akan Diperluas Serta Berjejaring

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengunjungi Kampung Ikim di Karawaci Tangerang dan di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (18/3/2021). Dalam kunjungan kerja ini Menteri Siti mengatakan jika program kampung iklim merupakan program nyata penanggulangan perubahan iklim yang akan terus diupayakan dapat direplikasi diberbagai tempat di seluruh Indonesia sebagai upaya bersama masyarakat turut serta melakukan pengendalian perubahan iklim.

Siaran Pers

19 Maret 2021
Konsultasi Publik Rancangan Permen Hutan Sosial Menyerap Banyak Aspirasi

Konsultasi publik Rancangan baru Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tentang Pengelolaan Perhutanan Sosial digelar oleh Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) secara hybrid (daring dan luring) dari Jakarta, Jumat, (19/3/2021). Acara ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian LHK Bambang Hendroyono.

Siaran Pers

19 Maret 2021
Perkembangan NDC Dan Strategi Jangka Panjang Indonesia Dalam Pengendalian Perubahan Iklim

Nomor: SP.084/HUMAS/PP/HMS.3/3/2021 Komitmen Indonesia dalam upaya pengendalian perubahan iklim global tercermin dalam partisipasinya pada Perjanjian Paris yang kemudian diratifikasi menjadi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016. Para negara pihak (party) yang telah meratifikasi Perjanjian Paris wajib menyampaikan Nationally Determined Contributions (NDC) yang berisi target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) hingga tahun 2030.

Berita Kehutanan

17 Maret 2021
Puncak Acara Hari Bakti Rimbawan, Menteri LHK Minta Konsolidasi Rimbawan Indonesia

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Bakti Rimbawan, di Plasa Sujono Suryo Manggala Wanabakti, Jakarta (16/3). Tahun ini, Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-38 bertema “Terus Berbakti di Tengah Pandemi untuk Lingkungan dan Hutan Lestari”.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry