FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2021


Berita Kehutanan

16 Juni 2021
Pengembalian Kakatua Koki ke Habitat Alaminya di Maluku

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengembalikan 23 individu satwa dilindungi burung kakatua koki (Cacatua galerita eleonora) kepada Balai KSDA Maluku untuk dilepasliarkan ke habitat alaminya di Maluku, pada Selasa (15/06). Keseluruhan satwa ini diperoleh dari penyerahan masyarakat di wilayah Jawa Tengah. Proses penanganan dan pengembalian satwa tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan parapihak yaitu: PT Angkasa Pura I Bandara Eltari Kupang, Balai Karanti

Berita Kehutanan

15 Juni 2021
Produk Kenari Pulau Makian untuk Kesejahteraan Rakyat dan Kelestarian Hutan

Produk Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) memberikan kontribusi sangat besar bagi perekonomian negara sektor kehutanan. Salah satu produk unggulan HHBK dari Provinsi Maluku Utara adalah kacang kenari yang terkenal berasal dari Pulau Makian, Halmahera Selatan, yang mampu menembus pasar hingga Finlandia dan Italia.

Siaran Pers

15 Juni 2021
Kelompok Binaan Balai TANAGUPA Mendapat Kesepakatan Kerja Pembuatan 35.000 Ecopolybag

Nomor: SP. 184/HUMAS/PP/HMS.3/6/2021 Tiga ketua kelompok kemitraan konservasi binaan Balai Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) melakukan penandatanganan kesepakatan kerja/kontrak kerja pembuatan ecopolybag dari bambu dengan Yayasan Asri. Ketiga kelompok tersebut yaitu Kelompok Sinar Baru, Kelompok Lubuk Tapah, dan Kelompok Kayek Melayet Besame. Penandatanganan dilakukan di kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Sukadana Kabupaten Kayong Utara, Jumat (11/6). Adapun besaran nilai k

Siaran Pers

14 Juni 2021
Tinjau Persemaian Modern Toba, Menteri LHK Harap Upaya RHL Tingkatkan Kualitas Lingkungan Danau Toba

Nomor: SP.185/HUMAS/PP/HMS.3/6/2021 Presiden Joko Widodo pada beberapa waktu yang lalu, menginstruksikan untuk melakukan upaya Rehabilitasi Hutan dan Lahan secara besar-besaran untuk menangani degredasi lingkungan dan bencana. Menindaklanjuti instruksi tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tengah membangun sejumlah persemaian modern di beberapa wilayah di Indonesia yang dapat memproduksi bibit dalam skala besar.

Berita Kehutanan

14 Juni 2021
Bayi Orangutan Lahir di GL Zoo Yogyakarta

Satu individu orangutan lahir di Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta. Bayi Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) ini lahir pada tanggal 4 Juni 2021 dini hari dengan berat badan 1,57 Kg. Kelahiran bayi orangutan ini menambah koleksi satwa yang ada di GL Zoo.

Berita Kehutanan

12 Juni 2021
Badak Jawa Lahir di TN Ujung Kulon, Elang Jawa Lahir di TMII

Dua anak badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) kembali terlihat pada kamera video trap di wilayah Semenanjung Ujung Kulon, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mulai bulan Maret 2021. Ini merupakan temuan kelahiran pertama anak badak Jawa di tahun 2021. Masih adanya kelahiran anak badak Jawa di TNUK, menunjukkan keberhasilan kebijakan full protection terhadap seluruh habitat badak Jawa di TNUK yang berkembangbiak dengan baik secara alami.

Siaran Pers

12 Juni 2021
KLHK Hentikan Penebangan Ilegal di Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling

Nomor: SP.182/HUMAS/PP/HMS.3/6/2021 Tim Ditjen Gakkum KLHK bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau KLHK dan TNI menghentikan aktivitas penebangan ilegal di dalam kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling, Desa Pangkalan Indarung, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau pada Kamis, 10 Juni 2021. Tim mengamankan dua pelaku berinisial RB (41) dan RC (23), serta barang bukti berupa 15 batang kayu bulat dan buldoser.

Siaran Pers

11 Juni 2021
Cegah Karhutla, Pemerintah Luncurkan Teknologi Modifikasi Cuaca

Dalam rangka pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) bekerjasama dengan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), TNI AU, BNPB, BMKG, dan mitra kerja swasta (PT. Sinar Mas dan PT. Riau Andalan Pulp and Paper) melaksanakan secara daring Peresmian (Launching) operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Selatan, pada Kamis, (10/6).

Berita Kehutanan

10 Juni 2021
KLHK Raih Penghargaan Kelola Arsip dari ANRI

Pengelolaan arsip di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menjadi salah satu yang terbaik yang dinilai oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Atas kinerja ini, ANRI memberikan Anugerah Kearsipan yang diterima langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya di Jakarta (9/6/2021).

Berita Litbang

10 Juni 2021
Jabatan Fungsional Ahli Utama, Penguat Pondasi Kerja KLHK

[FORDA]_”Jabatan Fungsional Peneliti Ahli Utama menjadi salah satu tulang punggung dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik, terutama dalam hal penelitian dan produksi kebijakan," ungkap Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr. Agus Justianto yang mewakili Menteri LHK pada sambutannya di acara Pelantikan Pejabat Fungsional lingkup KLHK di Ruang Sonokeling, Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu, 9/6/2021.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry