FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2021


Berita Kehutanan

25 Juni 2021
B30: Langkah Awal Reformasi Energi

Dalam rangka menggali peluang dan tantangan pengembangan B30 dalam pengendalian perubahan iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali menyelenggarakan Diskusi Pojok Iklim pada Hari Rabu 23 Juni 2021 dengan mengangkat tema “B30: Langkah Awal Reformasi Energi”. B30 merupakan bioenergi yang sangat besar kontribusinya untuk pencapaian target NDC di tahun 2030.

Siaran Pers

25 Juni 2021
Pemerintah Kebut Realisasi Reforma Agraria

Nomor: SP. 203/HUMAS/PP/HMS.3/6/2021 KLHK mendukung upaya mempercepat Reformasi Agraria dengan kerja bersama lintas instansi, baik pemerintah pusat maupun daerah. Peran semua pihak dilaksanakan melalui metode sharing resource atau urun daya, baik berbagi ide/pemikiran, tenaga/SDM, anggaran, maupun hal lain yang memberikan masukan positif untuk percepatan Reforma Agraria.

Fokus Litbang

25 Juni 2021
Ibu dan Generasi Muda, Ujung Tombak Konservasi Mangrove

[FORDA]_Agenda restorasi ekosistem yang dideklarasikan PPB akan menjadi sebuah aksi terpenting bagi bumi dalam sepuluh tahun ke depan. Menurut riset, periode 2021-2030, akan menjadi kesempatan terakhir untuk mencegah bencana akibat perubahan iklim dan menjaga keanekaragaman hayati. Karenanya, setiap komponen bangsa, terutama kaum ibu dan generasi muda, punya peran sangat penting untuk menyelamatkan ekosistem bumi tercinta.

Berita Kehutanan

24 Juni 2021
Puluhan Tukik Lekang Dilepasliarkan di Pantai Bugel Kulon Progo

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY melakukan pelepasliaran tukik jenis lekang (Lepidochlys olivacea) sebanyak 79 ekor di Pantai Bugel, Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (22/06/21).

Siaran Pers

24 Juni 2021
KLHK Lepasliarkan Satwa Dilindungi dan Restocking Satwa Hasil Penangkaran di Jambi

Nomor: SP. 199/HUMAS/PP/HMS.3/6/2021 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil melakukan pelepasliaran satwa liar kembali ke habitatnya, di areal Resort Sungai Penuh wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Selasa (22/6).

Berita Kehutanan

23 Juni 2021
Raker Komisi IV DPR RI Soroti DAK Bidang Lingkungan dan Kehutanan TA 2022

Menteri LHK Siti Nurbaya beserta jajaran KLHK dan BRGM serta Perhutani, mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IV DPR RI, Rabu (23/6). Pada Raker tersebut, Menteri Siti menjelaskan progres DIPA Tahun Anggaran (TA) 2021, usulan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) TA 2022, Dana Transfer Daerah Bidang LHK, serta laporan Menteri tentang kebakaran hutan dan lahan serta perubahan iklim.

Berita Litbang

22 Juni 2021
Webinar OPL BP2LHK Palembang Kini Hadir dalam Bentuk Buku

[FORDA] _Setelah sukses digelar Balai Litbang LHK Palembang September hingga Desember 2020 lalu, tujuh webinar talkshow Obrolan Pelepas Lelah (OPL) berseri, kini hadir dalam bentuk buku. Diberi judul sesuai dengan tema besar webinar OPL yaitu Harmoni Baru Manusia dan Alam di Dataran Tinggi, Dataran Rendah, dan Lahan Basah, buku ini merupakan kumpulan tulisan dari materi para pembicaranya.

Berita Kehutanan

22 Juni 2021
KLHK Tangkap Penjual Kulit dan Tulang Harimau Sumatera di Bengkulu

Tim dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), bersama Polda Bengkulu, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung, pada Sabtu (19/06/2021) menangkap MJY (40), pelaku penjualan kulit dan tulang harimau sumatra.

Siaran Pers

22 Juni 2021
Indonesia – Ceko Tingkatkan Kerja Sama Perlindungan Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan

Nomor: SP. 198/HUMAS/PP/HMS.3/6/2021 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko, Richard Brabec, di Jakarta, Senin (21/6). Pertemuan tersebut untuk membicarakan peningkatan kerja sama kedua belah pihak, yang ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) Republik Indonesia – Republik Ceko mengenai Perlindungan Lingkungan dan Kerja Sama Pembangunan Berkelanjutan.

Berita Litbang

21 Juni 2021
Pengelolaan Recharge Area-Daerah Imbuhan Air, Balitek DAS Sarankan Tiga Hal

[FORDA] _Dalam pengelolaan recharge area (daerah imbuhan air) dan daerah sekitar mata air, Dody Yuliantoro, S.P., Teknisi Litkayasa pada Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) mengungkapkan ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu: penentuan recharge area; penentuan zonasi perlindungan mata air; serta pemilihan pola agroforestry.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry