FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2019


Siaran Pers

25 November 2019
Libatkan Ahli, KLHK Siapkan Riset Buktikan Isu Dioxin

Nomor: SP. 464/HUMAS/PP/HMS.3/11/2019 Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin 25 November 2019.Pemerintah memberikan respon atas terbitnya kajian mengenai kandungan dioxin pada tahu dan telur ayam di Jawa Timur, sebagai dampak dari penggunaan bahan bakar produksi menggunakan sampah limbah plastik impor.

Berita Kehutanan

25 November 2019
KLHK dan Kwarnas Gerakan Pramuka Raih Record MURI Karnaval Bidang Flora Fauna Asal Dari Daerah Terbanyak

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Minggu 24 November 2019. Dalam rangkaian pelaksanaan Perkemahan Bakti Pramuka Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) dan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Jakarta Pertikawan Festival, KLHK dan Kwartir Nasional Pramuka menghadirkan sekitar 2.000 pramuka peserta Pertikawan Nasional pada karnaval di hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada, Minggu 24

Berita Litbang

25 November 2019
Associate Professor National University of Singapore (NUS) Kunjungi KHDTK Parungpanjang

BP2TPTH (Bogor, November 2019) _Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Parungpanjang kembali mendapat kunjungan peneliti internasional. Kali ini KHDTK Parungpanjang dikunjungi peneliti yang sekaligus juga Associate Professor, Departement of Biological Sciences dari National University of Singapore (NUS) pada Jumat (15/11/2019).

Fokus Litbang

24 November 2019
Bea Cukai akan Pakai AIKO-KLHK di Seluruh Indonesia

BLI (Jakarta, November 2019)_Alat Identifikasi Kayu Otomatis-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (AIKO-KLHK) akan digunakan di seluruh Kantor Bea Cukai di Indonesia. Alat ini menjembatani antara pelayanan yang cepat dengan identifikasi yang akurat, sehingga dapat mengurangi waktu verifikasi data dan biaya operasi pelaku usaha.

Berita Litbang

23 November 2019
Membudayakan Stingless Bee di Kawasan Bukit Tigapuluh

BP2TSTH (Kemuning, November 2019)_Lebah tanpa sengat (stingless bee) kian menjadi primadona. Selain harga madunya relatif lebih mahal, kemudahan dalam budidaya dan ketersediaan koloninya di alam, juga sangat menjanjikan. Oleh karena itu, BP2TSTH Kuok, yang telah puluhan tahun berkecimpung dalam litbang perlebahan, terus membudayakan pemanfaatan stingless bee dikalangan petani lebah madu. Salah satunya pada petani di kawasan penyangga TNBT, Riau.

Fokus Litbang

22 November 2019
Teras Inovasi, Ajang Promosi Inovasi dan Litbang Hutan

P3H (Bogor, November 2019) _Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbanghutan) Badan Litbang dan Inovasi BLI (BLI) KLHK telah banyak menghasilkan inovasi. Beberapa inovasi yang banyak diminati antara lain telur ulat sutera alam, gaharu budidaya, anakan Rusa Timor, Barcode Kartu Identitas Pohon, benih unggul tanaman hutan hasil teknologi KoffCo, dan obat penyakit karat puru pada tanaman sengon.

Berita Kehutanan

22 November 2019
Teras Inovasi Jadi Panggung Promosi Hasil Litbang Hutan

Bogor, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jumat, 22 November 2019. Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK cq Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbanghutan) telah banyak menghasilkan inovasi. Beberapa inovasi yang banyak diminati antara lain telur ulat sutera alam, gaharu budidaya, anakan Rusa Timor, Barcode Kartu Identitas Pohon, benih unggul tanaman hutan hasil teknologi KoffCo, dan obat penyakit karat puru pada tanaman sengon.

Berita Kehutanan

22 November 2019
Kolaborasi BLI dan PSKL Bangkitkan Persuteraan Alam

Bogor, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jumat, 22 November 2019. Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK ikut berperan dalam persuteraan alam di Indonesia dengan menerapkan Ulat Sutera Unggul yang diberi nama PS 01 dan BS 09, serta tanaman murbei unggul SULI 01 sebagai pakan ulat sutera.

Berita Litbang

22 November 2019
Biopot dan Briket Benih di BP2TPTH Tarik Perhatian Mahasiswa Kehutanan Universitas Jambi

BP2TPTH (Bogor, November 2019) _Pertengahan November lalu, Kamis (14/11/2019), 49 mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Jambi berkunjung ke Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BP2TPTH). Dalam kunjungan praktikum peminatan silvikultur ini, mahasiswa tertarik pada biopot, salah satu produk unggulan BP2TPTH.

Berita Litbang

21 November 2019
Terkait Sengon, Wakil Bupati Lumajang Ingin Kerja Sama dengan Babes Litbang BPTH Dilanjutkan

Babes Litbang BPTH (Yogyakarta, November 2019) _Wakil Bupati Lumajang berharap kerja sama antara Pemkab Lumajang dengan Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Litbang BPTH) tentang pertanaman sengon yang telah terlaksana 5 tahun belakangan ini, dapat diperpanjang atau dilanjutkan lagi.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry