FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2019


Berita Litbang

29 November 2019
Salam Literasi untuk Keanekaragaman Hayati

BLI (Jakarta, November 2019)_Salam literasi! seru para siswa SDN Johar Baru 25 Pagi Jakarta dalam kegiatan ekologi-literasi (ekoliterasi) yang digelar di stan pameran Badan Litbang dan Inovasi (BLI) pada Expo Keanekaragaman Hayati Nusantara 2019 di lapangan Banteng, Jakarta. Ekoliterasi ini bertujuan menggugah kepedulian dan meningkatkan pengetahuan para siswa tentang pentingnya menjaga dan melindungi kekayaan alam Indonesia.

Berita Litbang

29 November 2019
Belajar Mitigasi Longsor, Delegasi Fiji dan Timor Leste Magang di Balitek DAS

Balitek DAS (Solo, November 2019) _Menyusul makin tingginya curah hujan, longsor merupakan bencana yang sering muncul dan menimpa banyak wilayah di berbagai negara. Negara Republik Kepulauan Fiji dan Negara Republik Demokratik Timor Leste juga tidak lepas dari bencana tersebut. Untuk mencari solusi masalah longsor di negaranya, enam orang delegasi dari Republik Kepulauan Fiji dan Republik Demokratik Timor Leste melakukan program magang di kantor Balitek DAS Solo selama dua hari, 27-28 November 2

Siaran Pers

29 November 2019
Apresiasi Tokoh Hutan Sosial 2019

Nomor: SP.474/HUMAS/PP/HMS.3/11/2019 Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 28 November 2019. KLHK pada tahun 2019 ini kembali memberikan anugerah untuk Tokoh Hutan Sosial sebagai bentuk penghargaan terhadap stakeholder yang berpartisipasi aktif dan memberikan kontribusi nyata bagi keberhasilan program Perhutanan Sosial. Pemberian Apresiasi ini merupakan yang kedua kalinya setelah pada tahun 2018 yang lalu, KLHK juga memberikan penghargaan yang sama.

Berita Kehutanan

29 November 2019
KLHK Latih Polisi Cilik LHK untuk Tanamkan Perilaku Ramah Lingkungan Sejak Dini

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jumat 29 November 2019. Membudayakan cinta lingkungan sejak dini, KLHK menyelenggarakan Pelatihan Polisi Cilik LHK. Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak 160 siswa dari berbagai sekolah dasar untuk berlatih menjadi polisi cilik bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Berita Litbang

28 November 2019
Bagi-bagi Ilmu, Peneliti P3SEKPI Ajak Pramuka Perbaiki Bumi Mulai dari Hal Kecil

P3SEKPI (Jakarta, November 2019) _Keseruan mewarnai paparan Kang Bugi, P3SEKPI di PERTIKAWAN 2019 di Cibubur, Jakarta Timur (21/11/2019) lalu. Bertajuk “lestarikan bumi, sejahterakan masyarakat”, Kang Bugi mengajak peserta semakin mencintai lingkungan demi memperbaiki keadaan bumi dari hal kecil di sekitar kita.

Berita Litbang

28 November 2019
Iptek Perbenihan untuk Masyarakat: BP2TPTH Bangun Komunikasi dengan UKM Pembibitan-Perbenihan

BP2TPTH (Bogor, November 2019) _Untuk meningkatkan pemanfaatan inovasi hasil litbang: Iptek Perbenihan untuk Masyarakat, BP2TPTH - BLI KLHK membangun komunikasi dan koordinasi dengan para stakeholder perbenihan. Salah satunya dengan pengada pengedar benih tanaman hutan selaku pelaku UKM pembibitan-perbenihan tanaman hutan lingkup CDK Wilayah VI Tasikmalaya, Jawa Barat.

Berita Kehutanan

28 November 2019
Wamen LHK: Festival Pesona Ajang Kolaborasi Para Pihak Sukseskan Program Perhutanan Sosial

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu 27 November 2019. Program Hutan Sosial (PS) akan semakin dipercepat laju realisasinya, kolaborasi, sinergitas para pihak serta upaya "jemput bola" menjadi cara yang akan dioptimalkan untuk mewujudkannya.

Siaran Pers

28 November 2019
Indonesia Dukung Pengembangan Kapasitas Pegawai Kehutanan Fiji dan Timor Leste

Nomor: SP. 472/HUMAS/PP/HMS.3/11/2019 Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu 27 November 2019. Sebagai salah satu Negara anggota G20, sudah saatnya Indonesia membantu negara lain sebagaimana tercermin dengan pendirian Lembaga Dana Kerjasama Pembangunan Internasional atau Indonesian Aid pada Oktober 2019.

Berita Litbang

27 November 2019
Edutainment, Konsep Wisata Ilmiah Berbasis Penelitian dan Pengembangan di BP2LHK Manado

BP2LHK Manado (Manado, November 2019) _“Edutainment adalah edukasi dengan cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan wisata ilmiah yang ada di BP2LHK Manado,” Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si,” ujar Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ketika memberikan pembinaan sekaligus arahan kepada seluruh jajaran pegawai Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Jumat (22/11/2019).

Berita Kehutanan

27 November 2019
Festival PeSoNa: Merayakan Hutan Sosial untuk Kini dan Nanti

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 26 Nopember 2019. KLHK kembali menggelar Festival Perhutanan Sosial Nasional (PeSoNa) di Gedung Manggala Wanabakti Jalan Jenderal Gatot Subroto Jakarta selama dua hari, 27-28 November 2019. Tema PeSoNa ke-3 kali ini adalah Memakmurkan Rakyat Kini dan Nanti. “Sebab festival ini semacam perayaan bahwa hutan sosial telah diterima masyarakat dan banyak champion yang berhasil secara ekonomi, sosial, maupun ekologi,” kata Direktur Je

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry