FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2020


Siaran Pers

07 Desember 2020
Integrasi Persetujuan Lingkungan dalam Perizinan Berusaha

Nomor: SP.499/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Persetujuan Lingkungan adalah keputusan kelayakan lingkungan hidup atau pernyataan kesanggupan pengelolaan lingkungan hidup yang telah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Pusat. Integrasi persetujuan lingkungan ke dalam perizinan berusaha merupakan solusi untuk menyederhanakan regulasi perizinan yang selama ini dinilai relatif rumit.

Berita Kehutanan

07 Desember 2020
Empat Pemilik Alat Berat Kasus Tambang Ilegal Klapanunggal, Bogor Siap Disidangkan

Kasus pertambangan batu kapur ilegal di Kalanunggal, Bogor, segera masuk ke persidangan. Penyidik KLHK telah menyerahkan berkas perkara dan 4 tersangka berinisial IE bin S (45), YY bin HU (40), JN bin U (45) dan HS bin AS (40) beserta barang bukti berupa 6 alat berat ekscavator kepada Kejaksaan Negeri Cibinong, pada tanggal 2 Desember 2020. Kejaksaan Tinggi Jawa Barat pada tanggal 30 November 2020, menyatakan berkas perkara telah lengkap.

Siaran Pers

04 Desember 2020
Presiden Tegaskan Atasi Masalah dan Percepat Implementasi Redistribusi Tanah

Nomor:SP.497/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Presiden Joko Widodo menegaskan kembali semangat serta komitmen yang kuat Pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan konflik tenurial di kawasan hutan, yang merupakan persoalan akumulatif. Hal tersebut menjadi bahasan utama dalam rapat yang langsung dipimpin Bapak Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 - 3 Desember 2020 di Istana Merdeka.

Berita Litbang

04 Desember 2020
Peringati Hari Pohon, Peneliti BP2LHK Banjarbaru Berbagi Ilmu kepada Siswa SMP Islam Al Azhar Banjarbaru

[FORDA] _Memperingati Hari Pohon 2020, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Islam Al Azhar 47 Banjarbaru menggelar diskusi secara virtual bertema “ Tanam Sejuta Pohon untuk Masa Depan“, akhir November 2020 lalu. Pada acara tersebut dua orang Peneliti Balai Litbang LHK Banjarbaru menjadi pemateri terkait pembuatan pupuk kompos sampah rumah tangga dan budidaya tanaman hias.

Fokus Litbang

04 Desember 2020
New Agreement on Payment for Indonesia’s Carbon Emission Reduction

[FORDA] _Indonesia signed a milestone agreement on payment for the efforts of reducing emission from deforestation and forest deforestation until 2025 under the Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) program managed by the World Bank. The agreement set forth in the Indonesian ERPA document was signed by the Ministry of Environment and Forestry (MoEF) representative on behalf of the Indonesian government, and the World Bank Representative for Indonesia and Timor-Leste, in a virtual way on 27 N

Berita Kehutanan

04 Desember 2020
Restocking Curik Bali, Penangkar Jawa Tengah Dukung Strategi Ex-situ Link To In-situ

Peningkatan populasi burung curik bali di habitat alami kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) tidak terlepas dari dukungan para pihak. Penangkar burung curik bali di Jawa Tengah dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah kembali melaksanakan restocking di Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Penyerahan burung dilaksanakan secara seremonial di Aula Kantor Balai TNBB yang dihadiri oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Drh. Indra Exploitasia pada Kamis (3/12/2020).

Berita Litbang

03 Desember 2020
Operasi Plastik di KHDTK, Kegiatan Rutin Mahasiswa Magang BP2LHK Aek Nauli

’Operasi Plastik’ atau kegiatan bersih-bersih Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) dari sampah plastik adalah kegiatan rutin di Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli. Rutin dilakukan setiap Jumat pagi, kegiatan ini juga memberdayakan mahasiswa magang.

Siaran Pers

03 Desember 2020
Profesor Riset KLHK Bertambah Lima Orang

Nomor: SP.495/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Kamis, 3 Desember 2020 mengukuhkan 5 (lima) Peneliti dari Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) KLHK sebagai Profesor Riset di lingkup KLHK bidang kepakaran Genetika dan Pemuliaan Tanaman, Bidang Konservasi Tanah dan Air, Bidang Genetika Molekuler, Bidang Perencanaan Hutan dan Bidang Genetika dan Pemuliaan Tanaman. Kelima Profesor riset tersebut adalah Prof. Ris. Mudji Susanto, Prof. Ris. Tyas

Berita Litbang

02 Desember 2020
Dilatih Kreatif, Mahasiswa Magang BP2LHK Aek Nauli Buat Kerajinan dari Papan Partikel Kotoran Gajah

Dalam proses pembelajarannya, mahasiswa yang magang di BP2LHK Aek Nauli tidak hanya mengikuti dan menjalankan apa yang diajarkan saja, tapi juga dilatih kreatif untuk menghasilkan sesuatu yang menarik dan bermanfaat. Dengan demikian hasil magang yang mereka dapatkan bisa maksimal, baik secara teori maupun praktik. Salah satu proses kreatif yang dilakukan di sana adalah membuat beberapa kerajinan yang dibuat dari papan partikel kotoran gajah.

Siaran Pers

02 Desember 2020
Dukungan Kebijakan Pemerintah untuk Tingkatkan Iklim Usaha Kehutanan

Nomor: SP. 494/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Pemerintah memberikan dukungan kebijakan untuk menjaga produktivitas dunia usaha kehutanan. Kebijakan tersebut juga dikeluarkan dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi masyarakat, serta mempertahankan penyerapan tenaga kerja di tengah pandemi covid-19.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry