FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2021


Siaran Pers

01 Februari 2021
Selamat dari Jerat, Harimau Sumatera “Danau Putra” Kembali ke Habitat Alaminya

Nomor: SP. 21/HUMAS/PP/HMS.3/1/2021 Tim gabungan yang terdiri dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Camat Darul Hasanah, Kapolsek Darul Hasanah, Danpos Koramil Darul Hasanah, Kepala Desa Gulo bersama dengan mitra WCS-IP (Wildlife Conservation Society-Indonesia Program) dan FKL (Forum Konservasi Leuser) melakukan pelepasliaran Harimau Sumatera yang diberi nama “Danau Putra” kembali ke habitat alaminya, Sabtu pagi (30/01).

Berita Kehutanan

29 Januari 2021
KLHK-Wanadri Kembangkan Pengelolaan Taman Buru

KLHK mengapresiasi Organisasi Wanadri yang telah lama terlibat secara aktif dalam upaya konservasi dan rehabilitasi hutan khususnya di Provinsi Jawa Barat.

Siaran Pers

29 Januari 2021
Gugatan KLHK Dikabulkan, PT RAJ Dihukum Ganti Rugi dan Pemulihan Lingkungan 137,6 Milyar Rupiah

Nomor: SP.019/HUMAS/PP/HMS.3/01/2021 Majelis Hakim PN Jakarta Pusat mengabulkan gugatan KLHK dan menghukum PT Rambang Agro Jaya (RAJ) membayar ganti rugi kerusakan lingkungan Rp.77.568.330.900 dan biaya pemulihan lingkungan Rp.60 Miliar, jumlah total Rp 137,6 miliar (27/1). PT RAJ dianggap bertanggungjawab atas kebakaran lahan seluas 500 ha di area konsesinya di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Putusan ini lebih rendah dari gugatan yang diajukan KLHK sebesar Rp 199,6 mi

Berita Kehutanan

28 Januari 2021
Kearifan Lokal dalam Memitigasi Bencana Iklim

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali mengadakan diskusi Pojok Iklim secara virtual pada Rabu (27/1) dengan pembahasan tentang mengelola kearifan lokal menghindari bencana. Secara geografis, Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yaitu Pasifik, Eurasia dan Indo-Australia sehingga berdampak terhadap tingginya potensi bencana. Maka, bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku dan budaya yang disebut dalam kearifan lokal ini memiliki cara dalam menghadapi atau memitigasi

Siaran Pers

28 Januari 2021
Dukungan Kementerian LHK untuk Energi Baru Terbarukan

Nomor: SP.017/HUMAS/PP/HMS.3/01/2021 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menjadi salah satu narasumber dalam dialog nasional (28/1) yang digelar salah satu grup media di Indonesia. Selain Menteri LHK, dialog yang mengangkat tema “Sustainable Energy: Green and Clean” ini menghadirkan narasumber lain yaitu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ketua Komisi VII DPR RI, Direktur Utama PT Pertamina, Kepala SKK Migas, dan Direktur Utama PLN.

Berita Kehutanan

28 Januari 2021
Menteri LHK: Sebagai ASN, CPNS KLHK Formasi 2019 Menyandang Tugas Berat

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar pembekalan bagi 616 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019, secara virtual, Rabu (27/1). Kegiatan ini dilaksanakan dalam welcoming CPNS sebagai ASN/PNS dan briefing Menteri yang bermuatan prinsip-prinsip public life, birokrasi PNS, wawasan kebangsaan, serta menanamkan rasa disiplin, tanggungjawab dan integritas. Diharapkan terwujud Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki integritas, etos kerja, dan jiwa gotong-royong, s

Berita Kehutanan

27 Januari 2021
Wamen LHK: Lima Aspek Pemulihan Lingkungan Banjir Kalsel

Wakil Menteri LHK Alue Dohong memimpin Rapat Koordinasi dengan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) beserta jajarannya dalam Upaya Pemulihan Lingkungan Pasca Banjir Kalsel secara daring (26/1) di Jakarta. KLHK beserta Pemerintah Provinsi dan stakeholder terkait merancang langkah-langkah progresif, evaluasi dan mitigasi ke depan agar bencana tidak terulang kembali.

Siaran Pers

27 Januari 2021
Bantahan Keras KLHK Soal Tudingan Obral Ijin di Era Jokowi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membantah keras tudingan beberapa pihak, perihal obral ijin yang disebut terjadi di era Presiden Joko Widodo dan Menteri LHK Siti Nurbaya. Informasi yang tidak valid ini memaksa KLHK harus membuka data demi keadilan informasi di publik.

Fokus Litbang

27 Januari 2021
Re-accredited, FORDA Journals are at Rank 1 and 2

[FORDA] _Four scientific journals under FORDA, the Ministry of Environment and Forestry (KLHK) are able to maintain their accreditation status in period III scientific journals re-accreditation of 2020 conducted by the Ministry of Research and Technology/National Research and Innovation Agency. One journal, the Indonesian Journal of Forestry Research, has improved to rank 1 and three journals are at rank 2, namely the Forest and Nature Conservation Research Journal; Forest Products Research Jour

Berita Litbang

27 Januari 2021
FORDA Distributes Aid for Flood Victims in South Kalimantan Province

To ease the burden on the communities affected by flooding, the Ministry of Environment and Forestry (KLHK) through its Work Unit in South Kalimantan Province is showing empathy and care by forming the MoEF Flood Rapid Response Team. The team with the slogan “Caring for South Kalimantan Floods” immediately distributed aid of basic necessities to 2 (two) regencies, namely Batola and Hulu Sungai Tengah, (26/1/2021).

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry