Dientry oleh priyo - 10 August, 2016 - 2410 klik
Kekuatan Jejaring Pemuda dan Sosial Media Dalam Mendukung Konservasi

BP2LHK Manado (Manado, 9/8/2016)_“Saya sangat menaruh harapan pada staf muda di kantor ini untuk lebih aktif mengkampanyekan kegitan konservasi melalui jejaring dan sosial media” demikian diungkapkan oleh Karen Schinerer, Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat mengawali kunjungannya di kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Senin (08/08).

Anoa Breeding Centre (ABC) Manado kembali berkesempatan menerima tamu istimewa dari mancanegara. Pada Kunjungannya yang pertama ke kota Manado, Karen Schinerer mengunjungi ABC sebagai bagian dari kegiatan YSEALI Alumni visit Project. Alumni visit project merupakan salah satu kegiatan kunjungan kebudayaan, pendidikan dan kepemudaan yang secara rutin dilakukakan oleh YSEALI (Youth South East Asia Leader Initiative) sebuah kegiatan kepemudaan dibidang lingkungan hidup, pembangunan ekonomi, kewirausahaan dan pemberdayaan masyarakat yang digagas oleh Presiden Amerika Serikat Barrack Obama pada tahun 2013. Kedutaan Besar Amerika Serikat menjadi perwakilan Pemerintah Amerika Serikat untuk mengunjungi alumni di Indonesia. BP2LHK Manado berkesempatan menerima kunjungan ini karena salah satu peneliti BP2LHK Manado yaitu Margaretta Christita adalah Alumni YSEALI untuk kegiatan Environmental Sustainability Fellowship Fall 2005 di Washington DC dan Iowa, Amerika Serikat.

Pada Kunjungan singkatnya, Karen Schinerer yang akrab disapa Ibu Karen mengungkapkan keingintahuannya mengenai satwa anoa dan pentingnya konservasi Anoa. Menjawab pertanyaan tersebut Tim ABC yang diwakili oleh Manager ABC sekaligus peneliti, Anita Mayasari, S.Hut menyuguhkan presentasi dan pemutaran film dokumenter anoa.

“Kami menyambut gembira kunjungan ini, semakin banyak networking akan semakin banyak pula yang mendukung konservasi Anoa, yang selama ini belum banyak dikenal orang” Anita mengawali presentasinya.

“Saat ini Anoa Breeding Centre sangat membutuhkan peningkatan capacity building, pengadaan peralatan medis satwa serta dukungan untuk mengikuti dan mendapatkan grant, terutama dari sektor konservasi. Untuk mencapai hal tersebut kami, membuka kerjasama dan networking seluas luasnya. Juga penggunaan sosial media. ABC telah memiliki Facebook Fanpage dan twitter, serta saat ini memanfaatkan situs volunteer seperti workaway.com dan helpstay.com serta volunteerworld.org untuk mendatangkan volunteer yang sesuai dengan kebutuhan,” Margaretta Christita, peneliti BP2LHK Manado yang juga bagian komunikasi dan humas ABC menjelaskan.

Pentingnya jejaring dan kerjasama juga diungkapkan Ir. Muh. Abidin, M.Si, Kepala BP2LHK Manado, “Dengan networking yang semakin luas, kami juga telah menjalin kerjasama dan menerima banyak bantuan dari perusahaan swasta yang peduli dengan isu lingkungan salah satunya PT. Cargill. Melalui CSR PT. Cargill, kami telah merekrut dokter hewan dan memperbaiki kandang untuk anoa.”

Dalam diskusi ini Karen menambahkan bahwa ia berharap bahwa melalui staf dan peneliti BP2LHK Manado yang masih muda-muda, kesempatan untuk mewujudkan konservasi anoa akan tercapai terutama melalui semangat untuk membangun jejaring global, baik mengikuti pertukaran pemuda dan melalui sosial media.  “Melalui sharing ini saya juga akan menyampaikan beberapa tawaran baik berupa kesempatan beasiswa dan grant yang sesuai untuk bidang konservasi yang mungkin dapat anda apply. Saya berharap, kita semua dapat melanjutkan komunikasi ini untuk terus mendukung kegiatan konservasi yang telah anda bangun. Pemuda adalah penggerak, salah satunya meluali kegiatan pendidikan konservasi untuk anak-anak, kegiatan capacity building dan volunteer dengan pemuda-pemuda lain yang juga concern dengan isu-isu konservasi perlu lebih disuarakan,” Karen menambahkan.

Pada akhir kunjungan Tim ABC mengajak tamu untuk mengunjungi lokasi kandang anoa, dan memberikan merchandise ABC sebagai kenang-kenangan. ***(MC)

 

Dokumentasi: Tim Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

 

Artikel Terkait : 

Volunteer Activities:  “A Story of Conservation Experience and Shortcut to improve your English Skill”

Kegiatan Volunteering Mewarnai Geliat Konservasi Anoa

Berita FORDA_Keberadaan Dokter Hewan, Untuk Memenuhi Kebutuhan Perawatan & Pemeliharaan Anoa

Berita FORDA_Gubernur Dukung Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

Berita FORDA_Konservasi Anoa, Menyentuh Hati Biologist Rusia

Berita FORDA_BP2LHK Manado Gandeng Mitra dalam Upaya Konservasi Anoa

Kegiatan Volunteering Mewarnai Geliat Konservasi Anoa

Anoa Breeding Centre Gagasan Konservasi Anoa

 

 

 

------------------------------------------------------------------------------------

 

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jalan Raya Adipura, Kelurahan Kima Atas, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bpk_mdo@yahoo.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

http://bpk-manado.litbang.dephut.go.id

http://balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

 

 

Penulis : Margareta cristita