Dientry oleh Dyah Puspasari - 06 July, 2021 - 249 klik
Pelantikan dan Serah Terima Jabatan 9 Kepala Balai lingkup BLI KLHK

" Di sinilah saya berharap para Kepala Balai yang baru dilantik dapat segera beradaptasi dengan tugas-tugas di tempat yang baru, dapat segera membaca situasi di tempat tugasnya serta dapat mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi "

[FORDA]_Masa transisi yang sedang dijalani oleh Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menjadi Badan Standardisasi Instrumen (BSI) LHK menuntut Satuan Kerja BLI harus segera menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan baik. Di antaranya adalah pertanggungjawaban keuangan, penganggaran, penataan SDM termasuk peneliti dan teknisi litkayasa, serta pengelolaan barang  milik negara (BMN). 

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Badan Standardisasi Instrumen (BSI) LHK, Dr. Agus Justianto dalam sambutannya pada acara Serah Terima Jabatan Administrator (Eselon III), yakni 9 Kepala Balai lingkup BLI di Ruang Rapat Sekretariat BLI, Manggala Wanabakti Jakarta, 6 Juli 2021. 

Seperti diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK Nomor SK. 351/MENLHK/SETJEN/PEG.2/7/2021 tanggal 1 Juli 2021 tentang Pengisian dan Mutasi Jabatan Administrator (Eselon III) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, telah dilantik 9 (sembilan) orang Pejabat Administrator lingkup BLI. Pelantikan dilaksanakan pada Jumat, 2 Juli 2021 secara hybrid, baik faktual di Auditorium Sudjarwo, Manggala Wanabakti dan virtual di kantor masing-masing pejabat yang dilantik. 

ASN Badan Litbang dan Inovasi yang dilantik adalah 9 orang. Sejumlah 5 orang mendapat promosi, dan mutasi/penyegaran sejumlah 4 orang.  Hal ini menurut Agus, merupakan sebuah apresiasi dari Menteri LHK. 

Acara Serah Terima Jabatan/Pekerjaan para Kepala Balai lingkup Badan Litbang dan Inovasi ini dilangsungkan secara faktual dan virtual menggunakan protokol kesehatan ketat. Adapun Pejabat Administrator lingkup BLI yang dilantik pada 2 Juli 2021 dan mengikuti serah terima jabatan adalah:

  1. Bayu Subekti, S.IP., M.Hum., sebagai Kepala BP2LHK Palembang
  2. Bagus Novianto, S.Hut., M.P., sebagai Kepala BP2TPTH Bogor
  3. Sumitra Gunawan, S.Hut., M.Sc., sebagai Kepala BP2TA Ciamis
  4. Ir. Yoyok Sigit Haryotomo, M.M., sebagai Kepala Balitek DAS Solo
  5. Sujarwo Sujatmoko, S.Hut., M.Sc., sebagai Kepala BP2LHK Banjarbaru
  6. Heru Setiawan, S.Hut., M.Sc., sebagai Kepala BP2LHK Manado
  7. Mochlis, S.Hut.T,M.P., sebagai Kepala BP2LHK Makassar
  8. Erwin, S.Hut., M.Hut., sebagai Kepala BP2LHK Kupang
  9. Solichin, S.H., sebagai Kepala BP2LHK Manokwari 

Lebih lanjut, Agus menegaskan bahwa jabatan itu bukan hak tetapi merupakan pemberian tanggungjawab berdasarkan penilaian dan rekam kapasitas, integritas, dan kapabilitas dalam mengemban tugas. Amanah tersebut harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab. 

“Di sinilah saya berharap para Kepala Balai yang baru dilantik dapat segera beradaptasi dengan tugas-tugas di tempat yang baru, dapat segera membaca situasi di tempat tugasnya serta dapat mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi,” ujar Agus. 

“Saya ucapkan selamat atas jabatan yang diemban di posisi yang baru, dan saya ucapkan terimakasih atas kinerja selama ini. Semoga menjadi amal kebaikan dan Allah SWT selalu memberikan bimbingan-Nya dalam menjalankan tugas, aamiin ya rabbal alamiin,”pungkas Agus.*(MSC)

Penulis : Sahri Chair
Editor : Yayuk Siswiyanti