Dientry oleh Rizda - 14 June, 2015 - 3579 klik
Dukung Kewirausahaan dan Teknologi Tepat Guna, BPK Palembang Pamerkan Hasil Litbang

BPK Palembang (Palembang, 15/06/2015)_­­Dalam rangka mendukung pengembangan jiwa kewirausahaan dan tepat guna yang murah dan ramah lingkungan, Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Palembang pamerkan hasil litbang pada warga Sekayu, Kab. Muba dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XI dan Expo PNPM Mandiri Perdesaan Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2015. Acara yang dibuka oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Sumatera Selatan.

“Teknologi Tepat Guna sangat diperlukan guna meningkatkan kreatifitas masyarakat sehingga mendukung ekonomi kerakyatan sehingga nantinya dapat mewujudkan masyarakat Provinsi Sumsel yang kreatif dan Inovatif,” kata Alex Noerdin dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Alex menegaskan bahwa teknologi murah sangat tepat bagi masyarakat pedesaan dalam meningkatkan perekonomian sehingga diperlukan intervensi pemerintah daerah dalam mendorong pengembangan teknologi tepat guna tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat sejalan dengan peran teknologi sebagai solusi untuk kesejahteraan masyarakat.

Setelah membuka acara, Gubernur Alex Noerdin mengunjungi beberapa stand pameran yang menampilkan berbagai jenis TTG dan produksinya secara visual, salah satunya stand BPK Palembang. Gubernur memberikan apresiasi dan terlihat antusias terhadap produk contoh minyak kayu putih “BenFresh” yang merupakan bagian dari pengembangan hasil litbang di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Benakat. Selain kayu putih, BPK Palembang juga menampilkan publikasi IPTEK hasil penelitian seperti booklet, leaflet jenis tanaman unggulan, warta tembesu BPK Palembang, prosiding seminar hasil penelitian, berbagai foto dan poster kegiatan penelitian.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk memperkenalkan teknologi tepat guna dan menginformasikan hasil PNPM Mandiri Perdesaan Tingkat Provinsi Sumsel kepada masyarakat ini diselenggarakan di Lapangan Gelanggang Remaja Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Berlangsung tanggal 8 sampai 12 Juni 2015, acara tersebut diikuti oleh 143 stand yang berasal dari berbagai Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumsel.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong timbulnya inovasi masyarakat untuk menguasai teknologi sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat Sumsel," jelas Kepala BPMPD Provinsi Sumsel, H. Yusnin dalam laporannya.***Soe 

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

#Badan Penelitian,Pengembangan dan Inovasi

#Research, Development and Innovation Agency

#FORDA

Penulis : Suningsih