Dientry oleh priyo - 22 June, 2015 - 2805 klik
Berbagi Ilmu GIS dalam Pengelolaan DAS

BPTKPDAS Surakarta (Surakarta, 23/06/2015)_“Saya sangat berharap Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan DAS Surakarta (Balitek DAS) dapat membantu dan membagi ilmu tentang GIS dalam Pengelolaan DAS”, demikian disampaikan oleh Drs. Sutarno, M.Si., dosen penginderaan jauh, jurusan ilmu tanah Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta pada saat kunjungan di Balitek DAS Surakarta, Selasa (23/06).

Lebih lanjut Sutarno mengatakan bahwa kunjungan mahasiswa dalam menambah pengetahuan tentang GIS dan pembuatan peta dilaksanakan karena selama ini pemahaman GIS bagi mahasiswa masih relatif minim sehingga perlu menimba ilmu pada instansi yang selama ini memanfaatkan teknologi GIS secara intensif, yakni BPTKPDAS (Balitek DAS).

Sementara itu Ir. Salamah Retnowati, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan ini menjadi indikator bahwa Balitek DAS masih diakui sebagai salah satu instansi sumber informasi GIS.

Selain itu, Salamah mengatakan bahwa perkembangan Iptek di bidang pengelolaan sumberdaya lahan semakin cepat sehingga perlu up date pengetahuan khususnya pada bidang aplikasi GIS dimana peran GIS sangat vital dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah dalam mendukung sistem pertanian berkelanjutan.

Materi pokok yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain; 1) Pengantar GIS; 2) Pengantar Kartografi; dan 3) Praktek Pembuatan Peta. Kunjungan diikuti oleh 33 mahasiswa didampingi oleh Kegiatan dipandu oleh Dr. Nunung Puji Nugroho, Peneliti yang berpengalaman dalam bidang GIS dan pembuatan peta.

Pada akhirnya diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan yakni dengan memberi kesempatan kepada Mahasisa Fakultas Pertanian yang akan membuat tugas akhir (skripsi) untuk mendapat bimbingan dari para peneliti Balitek DAS.**SRI & NPN

Materi terkait:

Pengantar Kartografi

Pengantar Sistem Informasi Geografis

Penulis : Sri dan Nunung Puji Nugroho