Dientry oleh Rizda - 29 July, 2015 - 2560 klik
Pemerintah RI dan Timor Leste Kerjasama Pengelolaan DAS

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya direncanakan melakukan kunjungan kenegaraan ke Republik Demokratik (RD) Timor Leste besok Rabu (29/7) untuk menyerahkan bibit pohon serta membahas rencana pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) lintas negara. Bersama rombongan yang terdiri dari Dirjen Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Hilman Nugroho, Danjen Kopassus Mayjen TNI Doni Monardo serta Wakil Asisten Teritorial KASAD Brigjen TNI Marga Taufiq, Menteri Siti Nurbaya dijadwalkan tiba di Dili pukul 12.30 waktu setempat dan akan berada di Timor Leste selama 2 hari.

Di Timor Leste, Menteri Siti Nurbaya akan melaksanakan inisiasi penyusunan rencana pengelolaan DAS lintas negara. Kompleksitas permasalahan dalam pengelolaan DAS, khususnya DAS lintas negara tidak dapat diselesaikan oleh satu negara yang berada di hulu atau hilir saja melainkan harus bersifat bilateral. Dengan inisiasi ini diharapkan terjalin kerjasama yang baik serta tersusunnya rencana pengelolaan DAS lintas negara yang dapat diimplementasikan di Lapangan.

Agenda Menteri Siti Nurbaya selama di Timor Leste berikutnya adalah melakukan penyerahan bibit hasil kebun persemaian kepada Pemerintah Timor Leste yang akan dilaksanakan di lokasi pembibitan Liquica, Timor Leste. Sebanyak 50.000 batang pohon telah disiapkan oleh TNI AD melalui Paguyubab Budiasi dengan jenis sengon, trembesi, ketapang, sirsak, nangka, mahoni dan cendana. Hal ini merupakan program yang telah dicanangkan sebelumnya yaitu Hijau Untuk Timor Leste (Green For Timor Leste).

 

Sumber: http://ppid.dephut.go.id/siaran_pers/browse/167