Dientry oleh Rizda - 30 July, 2015 - 2364 klik
Menteri Siti Nurbaya Pimpin Inisiasi Rencana Pengelolaan DAS Lintas Negara

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya memimpin delegasi Indonesia dalam rapat bilateral pembahasan rencana pengelolaan DAS lintas negara, Rabu (29/7) di Dili, Timor Leste. Delegasi Pemerintah Republik Demokratik (RD) Timor Leste pada rapat ini dipimpin oleh Menteri Pertanian dan Perikanan Estanislau da Silva.

Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya yang berfungsi menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas di daratan. DAS dapat bersifat lintas wilayah administrasi, baik lintas kabupaten/kota, lintas provinsi bahkan lintas negara.

Fakta menunjukkan terdapat 10 DAS lintas negara di perbatasan Indonesia dan Timor Leste, yaitu Talau, Ekad, Babulu, Tafara, Oebase, Besi, Daikain Oepotis, Meto, Mina dan Kobalima. Luas total DAS lintas negara Republik Indonesia dan RD Timor Leste adalah 466.582 hektar dimana sebanyak 183.711 hektar atau 39,37% berada di wilayah Indonesia dan 282.871 hektar atau 60,63% berada di wilayah Timor Leste.

 

Sumber: http://ppid.dephut.go.id/berita_foto/browse/306

Penulis : Biro Humas Kemen LHK