Dientry oleh priyo - 05 August, 2015 - 2967 klik
Pelatihan Pengelolaan Keaneragaman Hayati

Puslitbang Hutan (Bogor, 05/08/2015)_ Kerjasama antara Puslitbang Hutan dengan PT. Tirta Investama (AQUA Group Danone), salah produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) telah terjalin sejak tahun 2014. Pelatihan Pengelolaan Keaneragaman Hayati ini merupakan konstribusi Iptek Puslitbang Hutan dalam capacity building kegiatan pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) program AQUA Lestari.

Hal ini disampaikan Ir. Harisetijono, M.Sc, Kepala Bidang PDTLP, mewakili Kapus Litbang Hutan pada pembukaan Pelatihan Pengelolaan Kehati di Ruang Audiovisual, Gedung Konservasi, Kebun Raya Bogor, Rabu (5/08/2015).

Lucy Nawaningtyas, Koordinator Program Regional Barat PT. Tirta Investama (AQUA Group Danone) menyampaikan harapanya kepada para peserta agar dapat mengimplementasikan hasil pelatihanya sehingga proper perusahaan masing-masing dapat meningkat dan sesuai yang ditargetkan.

Pelatihan ini dalam rangka pengelolaan Taman Kehati yang diikuti oleh 20 peserta dari karyawan 4 Pabrik AQUA di bawah naungan PT. Tirta Investama (AQUA Group). Ke-4 Pabrik tersebut adalah PT. Tirta Investama (TIV) Babakan Pari, TIV Citeureup, TIV Ciherang, dan PT. Aqua Golden Mississippi Mekarsari.

Pelatihan selama 3 hari ini selain pemaparan dari nara sumber dan diskusi pada hari pertama dan kedua, pada hari ketiga dilakukan praktek identifikasi flora dan fauna serta praktek kultur jaringan.

Nara sumber dalam pelatihan ini berasal dari peneliti yang pakar terkait dengan keaneragaman hayati dari Puslitbang Hutan dan LIPI. Para pakar tersebut antara lain Dr. Hendra Gunawan, Ir. Atok Subiakto, M.App.Sc, Dr. Ika Heriansyah, Dra. Marfuah Wardani, MP, Ir. Sugarti, Melani Kurnia Riswanti S.Si, Yupi Isnanini, M.Si, Eka Martha Della Rahayu, M.Si.

Jenis-jenis  tanaman yang akan ditanam di dalam Taman Kehati di beberapa pabrik AQUA yang berada di Regional Jawa Barat diharapkan selain dapat mendukung konservasi tanah dan air juga merupakan konservasi sumberdaya genetik ex-situ jenis tanaman langka. Lebih jauh lagi diharapkan tanaman langka yang dipilih sesuai dengan program pemerintah sehingga dapat meningkatkan proper perusahaan.

Peserta selain mendapatkan materi presentasi para nara sumber juga mendapatkan beberapa buku yang terkait dengan Kehati dan binokuler untuk pengamatan satwa.

 

Penulis : Puslitbang Hutan