Dientry oleh priyo - 22 November, 2016 - 1951 klik
BP2LHK Kupang Bahas Rencana Kerjasama dengan Pemda Sumba Tengah

BP2LHK Kupang (Sumba, 19/10/2016)_ “Kunjungan ini membahas rencana  kerjasama antara BPPLHK Kupang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Tengah” ujar Ir. Edy Sutrisno, M.Sc, didamping oleh peneliti BP2LHK Kupang, Dr. Gerson Njurumana pada saat melakukan kunjungan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Tengah di Kantor Wakil Bupati dan beberapa UPT Daerah, Senin – Rabu, (17-19/10/2016).

Lebih lanjut Edy menjelaskan bahwa kegiatan yang berpotensi untuk dilakukan kerjasama adalah pengembangan jenis – jenis tanaman yang merupakan spesies kunci budaya di Nusa Tenggara Timur pada umumnya dan Pulau Sumba pada khususnya.

Selaras dengan hal tersebut, Dr. Gerson Njurumana menyatakan bahwa kondisi ekologi, sosial dan ekonomi  Kabupaten Sumba Tengah cocok untuk dikembangkan tanaman spesies kunci budaya. Dr.Gerson merupakan peneliti BPPLHK Kupang yang telah melakukan penelitian mengenai tanaman spesies kunci budaya.  Sirih pinang adalah satu jenis yang termasuk spesies kunci budaya di Nusa Tenggara Timur.

“Secara ekonomi, sirih pinang memiliki potensi sangat besar dan di Pulau Sumba kebutuhan Sirih Pinang mengalami defisit sehingga perlu didatangkan dari luar daerah” jelas Gerson

Bagi masyarakat NTT, sirih pinang merupakan tanaman yang sangat penting.  Beberapa kegiatan adat mensyaratkan penggunaan sirih pinang sebagai pelangkap kegiatan adat, seperti menjamu tamu, prosesi lamaran sampai kegiatan pemakaman.

Kunjungan ini merupakan tidak lanjut dari surat Bupati Sumba Tengah kepada Kepala BPPLHK Kupang.  Dalam surat tersebut Bupati Sumba Tengah meminta bantuan kepada BPPLHK Kupang untuk mengadakan riset pengembangan beberapa jenis tanaman.  Sebelum pertemuan ini, sudah diadakan beberapa pertemuan antara pihak BPPLHK Kupang dengan Pemda Kabupaten Sumba Tengah.

Selain berkunjung ke Kantor Wakil Bupati,Tim BPPLHK Kupang juga menyambangi Dinas Perkebunan, Pertanian dan Kehutanan, Kepala Bappeda, Ketua DPRD, Sekretaris Dewan Kabupaten  dan Komisi B yang menangani lingkungan hidup dan kehutanan, dan Kepala BPMD Kabupaten Sumbat Tengah.

Melengkapi kunjungan di UPTD Kabupaten Sumba Tengah, Tim BPPLHK Kupang juga melakukan cek lapangan di Kabupten Sumba Tengah Bagian Utara dan Tengah.***AN

 

Penulis : Ali Ngrimron Kupang