FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2021


Berita Kehutanan

31 Juli 2021
Rayakan Global Tiger Day 2021, KLHK Lepasliarkan Harimau Sumatera “Sipogu”

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat melakukan pelepasliaran Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) berjenis kelamin betina bernama “Sipogu”, di lanskap Panti Batang Gadis Kawasan Hutan Lindung Pasaman Barat pada Jumat (30/7).

Berita Kehutanan

30 Juli 2021
BKSDA Yogyakarta Translokasi 25 Ekor Satwa Endemik Asal Papua

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta melakukan translokasi 25 ekor satwa endemik Papua ke habitat aslinya. Satwa-satwa yang ditranslokasikan ke Papua yaitu dua ekor kasuari gelambir ganda, dua ekor buaya irian, satu ekor cendrawasih minor, dan 20 ekor labi-labi moncong babi.

Siaran Pers

30 Juli 2021
Pelaku Kasus Kayu Sonokeling Illegal di Lampung Siap Disidangkan

Nomor: SP.236/HUMAS/PP/HMS.3/07/2021 Penyidik Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada 27 Juli 2021, menahan GC (52) yang masuk dalam DPO Penyidik KLHK terkait kasus pembalakan liar di kawasan Hutan Lindung Way Waya Register 22, Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung.

Berita Kehutanan

29 Juli 2021
BKSDA Sumbar Evakuasi Buaya Muara Hasil Tangkapan Warga

Tim Balai KSDA Sumatera Barat menyelamatkan satwa buaya muara (Crocodylus porosus) hasil tangkapan warga sekitar sungai batang Sikabau Kab Pasaman Barat, Senin (26/07/2021). Satwa buaya ditangkap oleh beberapa orang warga sekitar sungai Batang Sikabau dengan menggunakan peralatan seadanya ketika sedang berjemur di pinggir sungai.

Siaran Pers

29 Juli 2021
Penanganan Limbah Medis B3 Covid dengan Peningkatan Sarana dan Sistem

Nomor: SP. 234/HUMAS/PP/HMS.3/7/2021 Menyikapi jumlah timbulan limbah medis COVID-19 yang terus meningkat, Pemerintah tengah menyiapkan semua instrumen untuk pengelolaan limbah medis infeksius agar dapat segera teratasi. Pemerintah akan memberikan dukungan fasilitas dan anggaran, baik yang berasal dari Satgas COVID-19, dana transfer ke daerah, maupun sumber pendanaan lainnya, serta usaha swasta karena perlu cepat dilakukan penyiapan sarana.

Siaran Pers

28 Juli 2021
KLHK Sosialisasikan Bahaya dan Upaya Pengelolaan Senyawa Polychlorinated Biphenyls (PCBs)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) menggelar acara Webinar dengan tema “Regulasi dan Pengelolaan Polychlorinated Biphenyls (PCBs) Berwawasan Lingkungan Guna Mitigasi Bahaya Pencemarannya Terhadap Lingkungan dan Manusia” pada Selasa (27/7).v

Berita Kehutanan

28 Juli 2021
Quick Respon, BBKSDA Riau dan Tim Gabungan Padamkan Api di SM Giam Siak Kecil

Balai Besar KSDA Riau mendapat laporan adanya titik api kebakaran di Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil , Desa Tasik Tebing Serai, Kec. Talang Muandau, Kab. Bengkalis berdasarkan hasil patroli udara PT. Arara Abadi pada Rabu, 21 Juli 2021. Jenis vegetasi yang terbakar berupa semak belukar, hutan alam dengan tanah gambut dengan luas areal terbakar berkisar 1/2 hektar.

Siaran Pers

27 Juli 2021
Ministerial Meeting COP26 Glasgow dan Kesiapan Indonesia

Nomor: SP. 232/HUMAS/PP/HMS.3/7/2021 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya memimpin DELRI memberikan pandangan materi-materi krusial COP26 Glasgow pada pertemuan “The July Ministerial Meeting COP26 UNFCCC”, pada Minggu – Senin (25-26 Juli 2021). Pertemuan yang diselenggarakan secara hybrid oleh Pemerintah Inggris selaku Tuan Rumah COP26 UNFCCC ini, bertujuan memberikan kesempatan kepada para Menteri Lingkungan Hidup dari negara-negara pihak UNFCCC, untuk berkumpul dan mem

Berita Kehutanan

27 Juli 2021
Menteri LHK: Kepentingan Nasional Menuju Netral Karbon 2060 Tanggung Jawab Bersama

Gelaran acara Indonesia Green Summit 2021 menjadi tonggak penting untuk mengedukasi dan mengajak seluruh komponen bangsa untuk berperan aktif dalam upaya nasional mewujudkan pembangun berkelanjutan. Melalui target terbaru nasional untuk mencapai netral karbon pada tahun 2060, semua pihak diminta bergandengan tangan, bersinergi, dan melangkah bersama dalam satu irama menuju arah Indonesia yang bersih dan sehat yang selaras dengan yang diamanatkan dalam UUD 1945.

Berita Kehutanan

26 Juli 2021
BBKSDA Papua Lepasliarkan 76 Ekor Satwa Endemik Papua

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua melepasliarkan 76 ekor satwa endemik Papua, di hutan adat Isyo, Rhepang Muaif, Kabupaten Jayapura, pada Sabtu (24/07). Satwa-satwa tersebut merupakan hasil translokasi dari BBKSDA Jawa Timur, BKSDA Jawa Tengah, dan BKSDA Sulawesi Utara. Pelepasliaran satwa ini merupakan rangkaian kegiatan Road to HKAN 2021.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry