FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2021


Siaran Pers

21 Juli 2021
Persiapan Pemerintah Indonesia Jelang Konferensi Perundingan Perubahan Iklim Dunia

Nomor: SP.223/HUMAS/PP/HMS.3/07/2021 Setiap tahunnya, para negara pihak yang tergabung dalam Conference of The Parties (COP), United Nations on the Framework of Climate Change Conference (UFCCC), melangsungkan pertemuan untuk membahas kebijakan-kebijakan dalam pengendalian perubahan iklim tingkat global. Indonesia termasuk salah satu negara yang turut ambil bagian dalam perundingan tersebut yang juga telah meratifikasi Perjanjian Paris.

Berita Kehutanan

20 Juli 2021
Melihat Pemulihan Ekosistem Mekanisme Alami di SM Pelaihari

Resort Jorong Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Pelaihari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) melakukan giat Pemulihan Ekosistem (PE) dengan mekanisme alami di Suaka Margasatwa (SM) Pelaihari Tanah Laut seluas 20 Ha ditahun 2021. Ekosistem yang akan dipulihkan dengan mekanisme alami merupakan ekosistem yang mengalami kerusakan ringan berdasarkan Rencana Pemulihan Ekosistem SM Pelaihari yang telah disusun.

Berita Kehutanan

19 Juli 2021
BBKSDA Papua Kembali Terima Translokasi 51 Satwa Jenis Aves dan Mamalia Asal Papua

Nomor: SP.221/HUMAS/PP/HMS.3/7/2021 Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua kembali menerima translokasi satwa sejumlah 51 ekor jenis aves dan mamalia pada Kamis (15/7). Setelah sebelumnya menerima translokasi satwa dari BBKSDA Jawa Timur dan BKSDA Jawa Tengah sejumlah 46 ekor aves pada 1 Juli 2021, kali ini translokasi satwa berasal dari BKSDA Sulawesi Utara.

Siaran Pers

19 Juli 2021
BKSDA Kalsel Resmi Menambah Penangkaran Aves dan Mamalia

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) melaksanakan peresmian penangkaran bersama Pj. Gubernur Kalsel Bapak Syafrizal ZA, Kapolda Kalsel yang diwakili oleh Dirkrimsus Polda Kalsel (Kombes. Pol. Suhasto) dan Dirbinmas Polda Kalsel (Kombes Pol. Widiatmoko SH. SIK. MH) di tempat penangkaran AWS Bird Farm milik H. Ir. Edi Sudarmadi, Banjarbaru Kalimantan Selatan. Peresmian penangkaran burung jenis paruh bengkok dan mamalia tersebut merupakan kegiatan simbolis yang dilaks

Siaran Pers

16 Juli 2021
Dikira Tinggal Mitos, Balai KSDA Maluku Berhasil Buktikan Keberadaan Jenis Babirusa Maluku

Nomor: SP.220/HUMAS/PP/HMS.3/7/2021 Camera Trap milik Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) berhasil menangkap Babirusa Maluku (Babyrousa babyrussa) di kawasan Suaka Alam Masbait, pulau Buru, Maluku. Ini merupakan bukti pertama penemuan atas survey intensif yang dilakukan sejak tahun 1995.

Berita Kehutanan

16 Juli 2021
17 Ekor Satwa Endemik Papua Dilepasliarkan BBKSDA Papua

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua melepasliarkan 17 ekor satwa endemik Papua pada Rabu (8/7) di Hutan Kuala Kencana, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika. Kegiatan dilaksanakan bersama Pemerintah Kabupaten Mimika, Cabang Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Mimika, berbagai instansi terkait di Kabupaten Mimika, dan PT. Freeport Indonesia. Pelepasliaran dan translokasi satwa tahun 2021 ini mengusung tema Living in Harmoni with Nature. Kita semua diajak melestarikan satwa

Siaran Pers

15 Juli 2021
BBKSDA Riau Bekali Masyarakat Informasi Konflik Harimau Sumatera dan Manusia

Balai Besar KSDA Riau sosialisasi konflik satwa liar dengan manusia di Kantor Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai pada Rabu (7/7) dan Jumat (9/7). Himbauan kepada masyarakat untuk mengkandangkan hewan ternaknya dan menjelaskan prinsip penanganan konflik manusia dan satwa liar adalah sama pentingnya menjadi agenda utama sosialisasi.

Berita Kehutanan

15 Juli 2021
Konflik Gajah dan Manusia Kembali Terjadi, BBKSDA Riau Siaga

Konflik satwa liar Gajah sumatera kembali terjadi. Kali ini di Kelurahan Agro Wisata, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru. Sejak hari Kamis, 8 Juli 2021, Tim Rescue Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas Balai Besar KSDA Riau turun menindaklanjuti laporan seorang warga bernama Sujono, bahwa ada kawanan Gajah liar yang merusak tanaman kelapa sawit dan pondok kerja di kebun yang dijaganya.

Siaran Pers

14 Juli 2021
Pelepasliaran 15 Individu Satwa Liar di Taman Wisata Alam Sorong

Nomor: SP.219/HUMAS/PP/HMS.3/07/2021 Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat melaksanakan pelepasliaran 15 individu satwa burung Papua, ke habitat alaminya, bertempat di Taman Wisata Alam Sorong, Kota Sorong, Papua Barat, pada (13/7). Kegiatan ini dilakukan bersama Dinas Pertanian Kota Sorong, Balai Karantina Pertanian Kelas I Sorong, dan Masyarakat Ulayat.

Berita Kehutanan

14 Juli 2021
Penyerahan Beruang Madu di SKW 1 Pelaihari

Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Pelaihari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) menerima laporan warga yang ingin menyerahkan seekor satwa Beruang Madu Jantan (Helarctos malayanus) di Desa Sarang Halang Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Menanggapi hal tersebut Kepala SKW I Pelaihari, Mirta Sari, S. Hut., M.P. mengintruksikan kepada Kepala Resort Suaka Margasatwa (SM) Pelaihari Akhmad Fauzan, S.Hut beserta tim (Hendar Wibawa dan M.Arifin) untuk melakukan pen

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry