Dientry oleh Risda Hutagalung - 29 July, 2021 - 622 klik
BKSDA Sumbar Evakuasi Buaya Muara Hasil Tangkapan Warga

Tim Balai KSDA Sumatera Barat menyelamatkan satwa buaya muara (Crocodylus porosus) hasil tangkapan warga sekitar sungai batang Sikabau Kab Pasaman Barat, Senin (26/07/2021). Satwa buaya ditangkap oleh beberapa orang warga sekitar sungai Batang Sikabau dengan menggunakan peralatan seadanya ketika sedang berjemur di pinggir sungai.
 
Setelah berhasil ditangkap, buaya dibawa dan diamankan di kantor Polsek Lembah Malintang di Ujung Gading sembari menunggu proses evakasi dari tim BKSDA Sumatera Barat. Saat ini buaya berada di kantor Resort Agam, Lubuk Basung untuk diobservasi lebih lanjut.
 
Konflik buaya muara sering terjadi di Kab. Pasaman Barat akibat dari berkurangnya habitat bagi buaya muara, perlu penanganan khusus untuk buaya mengingat keterbatasan tempat untuk rehabilitasi buaya muara. Untuk itu BKSDA Sumbar berharap adanya tempat khusus bagi buaya muara dapat dikembalikan ke alam. 
 
BKSDA Sumbar sangat mengapresiasi upaya masyarakat yang segera melaporkan kejadian konflik dan  ikut  membantu penyelamatan  buaya muara  tersebut.
 
 
 
 
Penulis : menlhk.go.id