Dientry oleh admin - 22 September, 2012 - 5632 klik
The Dynamic of Aboveground Carbon Stock in Peat Swamp Forest, Poster Terbaik di Simposium Hutan Gambut Indonesia

Puskonser (Bogor, 14/09/12)_ Poster berjudul The Dynamic of Aboveground Carbon Stock in Peat Swamp Forest, mendapat penghargaan sebagai poster terbaik dalam Simposium Internasional “Wildfire and Carbon Management in Peat-Forest in Indonesia”, Jumat (14/9) di Bogor.

“Poster ini menggambarkan model dinamika stok karbon hutan di atas permukaan tanah di hutan rawa gambut,” jelas Dr. Haruni Krisnawati, penulis poster yang juga peneliti di Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilitasi (Puskonser). Model tersebut, lanjut Haruni, dibangun dengan menggunakan data petak ukur permanen yang dibangun di Jambi, Indonesia

Poster karya Haruni tersebut berhasil menyisihkan sekitar 50 poster lainnya.  Simposium yang diselenggarakan atas kerjasama antara LIPI dengan Hokkaido University pada 13-14 September 2012 tersebut dihadiri sekitar 200 peserta dari Indonesia, Japan, Malaysia, Vietnam, Myanmar, Bhutan, Korea, Germany dan UK.(HK)***

 

Dinamika Stok Karbon di Atas Permukaan Tanah dari Hutan Rawa Gambut(The Dynamic of Aboveground Carbon Stock in Peat Swamp Forest)

 

Penelitian tentang biomassa dan stok karbon hutan di atas permukaan tanah sudah banyak dilakukan. Penelitian dilakukan dengan pengukuran langsung (destruktif sampling) pada plot-plot contoh maupun berdasarkan pendugaan menggunakan data inventarisasi hutan.

Meskipun demikian, sebagian besar dari penelitian-penelitian ini terfokus pada pendugaan biomassa dan stok karbon hutan pada suatu waktu. Biomassa dan stok karbon hutan mungkin dinamis. Perubahan mungkin terjadi sepanjang waktu karena hilangnya karbon akibat deforestasi dan degradasi hutan maupun penambahan karbon akibat pertumbuhan hutan.

Penelitian ini dilakukan untuk menduga dinamika stok karbon hutan di atas permukaan tanah dari hutan rawa gambut dengan menggunakan data petak ukur permanen yang dibangun di Jambi, Indonesia.

Data inventarisasi dikumpulkan dari 16 petak ukur permanen (masing-masing berukuran 100 m x 100 m) yang telah mengalami penebangan selektif (tebang pilih) sebelumnya dan diukur setiap tahunnya selama 5 tahun berturut-turut. Data ini digunakan untuk menduga dinamika stok karbon di atas tanah hutan rawa gambut.

Semua pohon berdiameter 10 cm ke atas diidentifikasi jenisnya dan diukur diameter dan tingginya. Pohon-pohon yang mati dan ingrowth dicatat pada setiap waktu pengukuran. Secara umum, C-stok di atas tanah untuk semua jenis dalam plot meningkat dari nilai awalnya, meskipun pada beberapa plot menunjukkan hilangnya biomass karena mortalitas.

Peningkatan C-stok mungkin dikarenakan laju ingrowth yang tinggi dan pertumbuhan yang cepat dari beberapa jenis. Riap tahunan rata-rata C-stok adalah sebesar  3.27 Mg C ha-1 yr-1. Terdapat hubungan logaritma yang signifikan antara C-stok di atas permukaan dan riap tahunannya. Hubungan ini dapat digunakan untuk menduga perubahan C-stok.

Lebih jauh lagi, diharapkan output dari penelitian ini akan memberikan kontribusi terhadap pengembangan Sistem Perhitungan Karbon Nasional, terutama untuk hutan lahan gambut.(HK)***